Dirlantas Polda Riau : Utamakan Keselamatan, Keluarga Menanti Di Rumah

Dirlantas Polda Riau : Utamakan Keselamatan, Keluarga Menanti Di Rumah


Rabu 12 Februari 2020 17:04:21 WIB
tribaranewsriau.com Masyarakat diminta menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dalam berkendaraan, mengingat selama ini kecelakaan yang kerap terjadi di jalanan lebih dominan dikarenakan kurang tertibnya pengguna kendaraan dalam memahami aturan dan himbauan yang ada,

Sebagaimana diberitakan oleh kantor berita mediarealitas com bahwa selaku Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Drs Ping Pringadi Supardjan menghimbau kepada masyarakat pengendara motor dalam menggunakan jalan agar lebih berhati–hati selama diperjalanan.

“Dari awal tahun 2020 hingga saat ini terdata ada sekitar kurang lebih 400 kejadian kecelakaan lalu lintas di provinsi Riau. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor yakni kelalaian manusia (human error), kurangannya kelengkapan petunjuk di jalan dan cuaca yang tidak menentu,” Ujar Dirlantas.

Ia pun juga menghimbau kepada masyarakat, sebelum bepergian menggunakan kendaraan agar terlebih dahulu memperhatikan kondisi kesehatan tubuh maupun fisik kendaraan yang akan dibawanya.

“Dalam mengemudikan kendaraan, kita dituntut untuk dapat berkonsentrasi tentunya dalam kondisi tubuh yang sehat. Kelengkapan berkendaraan seperti surat–surat, lampu, kaca spion dan lain sebagainya terlebih dahulu sudah kita persiapkan, terutama wajib menggunakan helm dan sabuk pengaman sebagai perlindungan diri kita disaat kecelakaan,” Ujar Dirlantas.

Terkait pengendara dibawah umur yang belum selayaknya menggunakan kendaraan di jalan, mantan Dirlantas Polda NTT ini sangat menyayangkan kurangnya kepedulian dari orang tua dalam memperhatikan keselamatan anaknya.

“Saya menyarankan kepada seluruh orang tua agar jangan memberikan atau menyuruh anak menggunakan kendaraan sebelum waktunya, tetapi apabila anak–anak tersebut sudah mampu, setelah kita berikan beberapa pengetahuan dan ujian tentang kelayakan berkendaraan di jalan, silakan saja,” Tambahnya.

Ketertiban berlalu lintas pun, sampai saat ini masih menjadi suatu permasalahan yang perlu disampaikan kepada masyarakat.

“Ketika ada personel anggota lantas di jalan, pengendara sangat terlihat tertib, namun ketika tidak ada petugas, pengendara mengabaikan semua aturan berlalu lintas sehingga mengakibatkan kerugian bagi dirinya sendiri,” Ujar Dirlantas.

Terakhir, Dirlantas Polda Riau mengajak kepada masyarakat pengguna jalan untuk dapat menjadi polisi bagi dirinya sendiri. “Apabila kita tertib berlalu lintas selama berkendaraan, pastinya bermanfaat bagi kita dan keluarga yang telah menunggu dirumah,” Tutup Kombes Pol Drs Ping Pringadi Supardjan.
Scroll to top