Untuk Penanganan Karhutla: Dasboard Lancang Kuning Akhirnya Menjadi Aplikasi Berskala Nasional

Untuk Penanganan Karhutla: Dasboard Lancang Kuning Akhirnya Menjadi Aplikasi Berskala Nasional


Minggu 08 Maret 2020 20:53:49 WIB
tribratanewsriau.com. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, tiba hari ini di Pekanbaru Riau dalam rangka Launching aplikasi Dasboard Lancang Kuning secara Nasional yang akan laksanakan hari Senin besok (09/03/2020).

Sebagaimana dijelaskan oleh Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto pada awak media Minggu sore ini (08/03/2020) bahwa Aplikasi Dasboard Lancang Kuning yang semula digunakan sebagai aplikasi untuk memberantas Karhutla di wilayah Riau akhirnya dikukuhkan sebagai sebuah aplikasi berstandar Nasional untuk penanganan Karhutla di seluruh Indonesia.

“Rencana penggunaan aplikasi Dasboard Lancang Kuning ini secara resmi akan di launching oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Kapolri Idham Aziz dalam acara ini akan menekan tombol tanda penggunaan aplikasi ini secara resmi digunakan secara Nasional” ujar Sunarto. Lebih lanjut dijelaskan oleh Sunarto bahwa mulai besok pengguna aplikasi ini tidak lagi hanya oleh Provinsi Riau. Kini aplikasi ini sudah digunakan juga oleh sebelas Polda lainnya. Adapun sebelas Polda ini adalah Polda Aceh, Polda Sumut, Polda Sumbar, Polda Jambi, Polda Sumsel, Polda Kaltim, Polda Kalsel, Polda Kalteng, Polda Kalbar, Polda Kaltara, dan Polda Babel. Sebelum resmi digunakan, sebelas Polda ini telah mengirimkan beberapa personilnya ke Polda Riau untuk dilatih agar mampu menerapkan aplikasi Dasboard Lancang Kuning ini di Polda masing masing. Dalam acara besok juga direncanakan Kapolri dan Panglima TNI akan berbicara langsung dengan personil yang sedang bertugas memadamkan api dilapangan di Polda masing masing.

“Peresmian penggunaan aplikasi ini akan dilangsungkan di Balai Serindit, Gedung Daerah Provinsi Riau.” ujar Sunarto. Dalam pantauan kontributor Tribratanewsriau, selain Kapolri dan Panglima TNI, telah siap dalam undangan beberapa pejabat tingkat Nasional yakni  Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Wakil Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Alue Dohong dan beberapa pejabat lainnya.

“Kita berharap, dengan aplikasi Dasboard Lancang Kuning ini maka persoalan Karhutla yang setiap tahun melanda Riau bahkan melanda sebelas Provinsi lainnya  di Indonesia, angka kebakaran Hutannya dapat ditekan semaksimal mungkin” ujar Sunarto sambil menutup keterangannya
Scroll to top