Antisipasi Tawuran Susulan Pemuda Antar Desa, Polsek Bengkalis Lakukan Patroli

Antisipasi Tawuran Susulan Pemuda Antar Desa, Polsek Bengkalis Lakukan Patroli


Selasa 12 Mei 2020 07:02:44 WIB
tribratanewsriau.com Untuk mengantisipasi terjadinya tawuran susulan, jajaran Polsek Bengkalis, yang dipimpin lansung oleh Kapolsek Bengkalis, AKP Maitertika SH. MH, melakukan patroli malam.

sebagaimana diberitakan oleh kantor berita riaubarometer bahwa Kegiatan tersebut dilakukan di jalan lintas Bengkalis, menuju sekodi, tepatnya di Desa Pematang Duku, Desa Ketam Putih, dan Desa sungai batang, dengan menggunakan mobil patroli Polsek Bengkalis.

Sebelum melakukan patroli malam, terlebih dahulu melakukan apel bersama dengan seluruh anggota yang ikut giat patroli malam, dengan mendapatkan arahan dari Kapolsek Bengkalis.

Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto, melalui Kapolsek Bengkalis AKP Maitertika SH. MH, membenarkan hal tersebut, dirinya mengatakan, sesuai Undang – undang Nomor 02 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Surat Telegram Kapolri Nomor : STR/ 460/VI/2020 tanggal 11 Juni 2020 tentang adanya standby pasukan pada hari libur. Surat telegram Kapolda Riau Nomor : STR / 01/IV/ 2018 tanggal 02 April 2018 tentang kegiatan pelaksanaan kepolisian yang di tingkatkan pada saat libur.

Surat perintah tugas Nomor : Sprin / 97/ V / 2020 Tanggal 9 Mei 2020. Rencana Kerja Polsek Bengkalis yang dipimpin Kapolsek Bengkalis AKP MAITERTIKA, SH. MH, didampingi Wakapolsek Bengkalis IPTU KASMANDAR SUBEKTI, Ton Stanbay 1, Ton Stanbay 2, Ton Stanbay 3.

“Sekira Pukul 20.00 WIB, bertempat di Mapolsek Bengkalis melaksanakan apel persiapan Patroli. Pukul 20.30 WIB, melaksanakan Patroli menggunakan Kendaraan Roda 4 dengan rute sebagai berikut. di Desa Pematang Duku. Desa Ketam Putih dan Desa Sungai Batang,” kata Kapolsek.

Masih kata Kapolsek, pada hari Sabtu (9/5/2020), sebelumnya ada tawuran yang dilakukan oleh Pemuda/ Remaja Desa Pematang Duku terhadap salah seorang pemuda/ Remaja Desa Ketam Putih sehingga terjadi aksi tawuran balasan pada hari Sabtu tanggal 9 Mei 2020 sekira pukul 13.00 Wib di Jalan utama Desa Pematang Duku.

“Berdasarkan kejadian aksi tawuran tersebut dilakukakan mediasi bertempat di Aula Kantor Desa Pematang Duku oleh Kepala Desa Sungai Batang, Kepala Desa Ketam Putih dan Kepala Desa Pematang Duku. Serta dihadiri oleh Kepala kepolisian Sektor Bengkalis yang diwakili oleh Wakapolsek Bengkalis Iptu Kasmandar Subekti beserta anggota dan juga hadir dari pihak pemuda dan masyarakat dari Desa Sungai Batang, Desa Ketam Putih dan Desa Pematang duku,” jelas Maitertika.

Mediasi tersebut Masing–masing Pihak dari Desa Pematang Duku, Desa Sungai Batang dan Desa Ketam putih agar meredam masalah ini dan tidak ada saling serang menyerang lagi.

Selanjutnya pada hari Senin tanggal 11 Mei 2020 pihak Desa Pematang duku, Desa Sungai Batang dan Desa Ketam Putih akan melanjutkan mediasi di kantor Desa Pematang duku yang akan diikuti oleh seluruh pemuda yang terlibat tawuran tersebut.

Berdasarkan informasi masyarakat Desa Ketam Putih bahwa akan ada rencana aksi penyerangan kembali oleh Pemuda / Remaja Desa Ketam Putih yang notabene bersatu dengan Pemuda/ Remaja Desa Sungai Batang.

Berdasarkan informasi tersebut Kapolsek Bengkalis AKP Maitertika SH.MH bersama personil dari Regu Stanbay 1,2 dan 3 melakukan kegiatan patroli ke Desa Pematang Duku, Desa Ketam Putih dan Desa Sungai Batang guna mencegah aksi serang menyerang antara pemuda/ remaja dimaksud.

“Dari hasil kegiatan patroli tersebut diatas diperoleh hasil sebagai berikut. Dari pihak– pihak yang bertikai tidak terjadi aksi serang menyerang. Para pihak kembali akan menyelesaikan persoalan pertikaian dengan cara damai pada hari Senin tanggal 11 Mei 2020 di Desa Pematang Duku. Selama kegiatan berjalan hingga pukul 23.30 Wib situasi terdapat dalam keadaan aman, tertib, lancar, terkendali dan kondusif,” katanya.
Scroll to top