Launching Penyerderhanaan Pelayanan Samsat Pekanbaru Kota

Launching Penyerderhanaan Pelayanan Samsat Pekanbaru Kota


Rabu 29 Juni 2016 10:54:31 WIB
Tbnewsriau - Kapolda Riau dan Gubernur Riau membuka langsung acara Launching Penyederhanaan Pelayanan samsat Pekanbaru Kota. Acara yang diadakan di kantor Samsat Pekanbaru Kota ini dihadiri oleh seluruh pejabat utama Polda Riau, seluruh Kapolres jajaran Polda Riau, para Kasat Lantas jajaran Polda Riau. Rabu (29/6).

Dalam arahannya Kapolda Riau mengatakan dengan adanya keterbatasan sarana dan pra sarana pelayanan yang ada di samsat Pekanbaru Kota dan panjangnya birokrasi pelayanan mengakibatkan tidak terlayaninya masyarakat wajib pajak secara optimal, sehingga terjadi banyak keluhan dan komplain dari masyarakat dan terciptnya paradigma negatif dari masyarakat.

Dilanjutkan Kapolda Riau sejauh ini kita menyadari bahwa pelayanan yang sederhana sangata di idam - idamkan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Provinsi Riau. Bahkan hal tersebut mendapatkan perhatian yang cukup serius dari Presiden RI Bapak Joko Widodo.

Wujud dari perhatian Presiden Joko widodo adalah dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden nomor 5 tahun 2015 tentang penyelenggaraan sistem administrasi menunggal satu atap kendadraan bermotor, dimana samsat melibatkan tiga instansi yaitu Kepolisian, Dispenda dan Jasa Raharja.

Samsat bertujuann membrikan pelayanan registrasi dan identifikasi kendraan bermotor oleh Kepolisian khususnya bidang lalu lintas yang berfungsi dalam pemberian legitimasi asal usul dan kelaikan, kepemilikan serta pengoperasian, fungsi kontrol, forensik Kepolisian dan pelayanan kepada masyarakat melalui verifikasi, pencatatan, dan pendataan, penomoran, penerbitan dan pemberian bukti regident, pengarsipan serta pemberian informasi kendaraan bermotor.

Scroll to top