Sempena HUT Satpam ke-40: Baksos Digelar, Bansos Disalurkan

Sempena HUT Satpam ke-40: Baksos Digelar, Bansos Disalurkan

Senin 25 Januari 2021 16:22:23 WIB

tribratanewsriau.com. Masih dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke-40 yang jatuh pada 30 Desember 2020 lalu, jajaran Sat Binmas Polres dan Persatuan Satpam Kabupaten Bengkalis kembali bersatu aksi.

Sebagaimana diberitakan oleh kantor berita pinangkampai com bahwa dengan berpandukan protokol kesehatan super ketat, aksi Bakti Sosial dilaksanakan di areal Masjid Al-Hasan jalan Siak, Desa Simpang Padang, Bathin Solapan, Duri, Sabtu (23/1) pagi.


Di lokasi itu, penyerahan seperangkat alat kebersihan dilakukan. Robby Farma, ketua penyelenggara HUT Satpam Kabupaten Bengkalis dari PT ABB dan Jefri Extrada, SH dari PT Nawakara Perkasa Nusantara selaku wakil ketua ikut serta.

“Sempena HUT Satpam ke-40, kami gelar acara bakti sosial yang ditandai dengan penyerahan bantuan berupa alat-alat kebersihan dan sedikit bantuan uang tunai di Masjid Al-Hasan. Semoga baksos ini bermanfaat, serta senantiasa doakan kami (Satpam Kabupaten Bengkalis) agar tetap jaya dan santun dalam menjalankan tugas di tengah masyarakat,” kata Robby.


Usai memberi bantuan, jajaran itupun langsung mempergunakan seperangkat alat kebersihan guna menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat di rumah ibadah tersebut.

Bahu membahu menyapu halaman, sampah diangkut dan dibuang. Seketika, areal Masjid Al-Hasan tampak bersih. Sebelumnya, jajaran tersebut telah pula beraksi di Panti Asuhan Sayang Omak yang tak jauh dari Masjid Al-Hasan. Di panti itu, bantuan sosial berupa kebutuhan bahan pokok ikut disalurkan.

Mulai dari beras, telur, minyak goreng, gula pasir, teh celup bahkan nasi bungkus ikut diberikan kepada Dasnan, perwakilan pengurus panti asuhan itu.

Menyambut kedatangan para personel yang dari Polres Bengkalis, Polsek Mandau dan Satpam, keceriaan seketika muncul dari raut wajah anak-anak yang diasuh dan dibesarkan di tempat itu.


“Kami hadir disini, masih dalam rangka HUT Satpam ke-40. Ini ada sedikit bantuan, semoga bermanfaat bagi anak-anak yang dirawat di tempat ini dan para pengurusnya,” kata Kasat Binmas Polres Bengkalis, AKP. Ismanto Wibowo, melalui Kanit Pembinaan Keamanan Swakarsa (Binkamsa) Polres Bengkalis, Bripka. M. Ihsan Hutabarat, SH.

Selain bahan pokok penting, bantuam berupa uang tunai pun diberikan. Kanit Binmas Polsek Mandau, AKP. Masri bersama Bripka. Ilham Amin tampak menyerahkannya kepada pengurus Panti Asuhan Sayang Omak di jalan Siak.


“Semoga bermanfaat dan dimanfaatkan dengan baik,” pesan AKP. Masri, Kanit Binmas Polsek Mandau.

Usai beraksi di sana, personel yang ada langsung bergerak ke Pondok Pesantren Darul Ma’arif di jalan Mandiri Utama, RT001/RW008, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Duri.

Di lokasi ketiga ini, penyerahan bantuan sembako, uang tunai dan lembaran masker pun dilakukan.


Tak ayal, raut wajah bahagia anak-anak di lokasi ini mekar menyambut kedatangan para petugas dan jajaran Satpam se-Kabupaten Bengkalis yang kala itu diwakilkan oleh beberapa orang (saja), mengingat situasi pandemi COVID-19 yang tak kunjung berujung.

Di sana, Jefri perwakilan dari PT Nawakara tampak menyerahkan bantuan kepada M. Ridwan, selaku salah satu pengurus di Pondok Pesantren Darul Ma’arif.

Sembari menyerahkan bantuan, ia berharap setiap anak dan para pengurus pondok pesantren tetap mendoakan Satpam di Kabupaten Bengkalis agar lebih kompeten dan profesional dalam menjalankan tugas.


“Doakan kami untuk lebih baik kedepannya, bisa meningkatkan profesionalisme dan kompetensi satpam menjadi profesi yang membanggakan masyarakat. Jangan lihat nilai bantuan ini, tapi telisiklah keikhlasan hati untuk saling berbagi dan menjalin peduli kasih,” papar Jefri menyentuh.

Terenyuh, Ridwan selaku pengurus pondok pesantren itu mengaku sangat bangga dengan rangkaian aksi yang digelar kala itu.

“Saya terima bantuannya dan akan kami pergunakan semaksimal mungkin untuk merawat anak-anak disini. Semoga Allah senantiasa memberi hidayah dan rezeki yang melimpah untuk Bapak-Ibu sekalian dan semoga profesi Satpam semakin jaya,” ungkap Ridwan membalas hatur kata.

Sepanjang giat itu, setiap personel dari Polres Bengkalis, Polsek Mandau dan jajaran Satpam yang hadir tampak ikhlas menyalurkan bantuan dan membersihkan pekarangan Masjid sebagai wujud bakti sosialnya.


Pelaksanaan acara itupun berbasis protokol kesehatan dan meminimalisir keramaian anak atau pengurus Masjid, Panti Asuhan maupun Pondok Pesantren yang dikunjungi.

“Jumlah anak dan pengurus setiap tempat yang kita datangi itu banyak, tapi saat penyerahan kita minimalkan. Tidak perlu ada keramaian, karena kita masih fokus dalam mencegah paparan COVID-19,” imbuh M. Ihsan, Kanit Binkamsa Polres Bengkalis.

Memaksimalkan protokol kesehatan, Humas Polsek Mandau, Bripka. Ilham Amin, Bhabinkamtibmas Desa Simpang Padang, Aipda. Juni Sandra, S.Ap, M. Farid dan Ukun (Wahana Karsa Swandiri), Abdul Rahman (PT RSI), Azlan (PT ABB) serta perangkat RT/RW, Desa/Dusun dan Kelurahan tampak ikut mengedukasi setiap anak dan pengurus masjid, pondok pesantren maupun panti asuhan untuk lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Bakti sosial dijalankan, bantuan disalurkan, edukasi protokol COVID-19 juga diedukasi. Sekali berlayar, dua-tiga pulau terlewati. Begitulah istilahnya kira-kira,” kata Bripka. Ilham sembari memberikan lembaran masker.

Acara itu berjalan lancar, setiap pihak yang menerima bantuan tampak ceria dan menghaturkan rasa terima kasih mendalamnya lewat lantunan doa.

“Kebaikan Bapak-Ibu sekalian, biarlah Allah yang membalaskannya,” ucap Ridwan.

Terpisah, Kapolres Bengkalis, AKBP. Hendra Gunawan, SIK., MT turut mengamini pelaksanaan aksi itu.


Ia menjelaskan bahwa acara itu dilakukan berdasarkan surat (telegram) Kapolri nomor: ST/3510/XII/OPS.4.3/2020 pertanggal 30 Desember 2020 silam tentang pelaksanaan HUT Satpam ke-40 pada masa pandemi COVID-19.

“Acaranya dilaksanakan secara sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Acara yang dimaksud berupa bakti sosial dan bantuan sosial yang dilakukan oleh Sat Binmas Polres Bengkalis dan Persatuan Satpam Kabupaten Bengkalis,” ujar AKBP. Hendra.

“Alhamdulillah, kegiatannya berjalan dengan lancar dan tetap berpandukan protokol kesehatan,” pungkasnya

Scroll to top