Kapolda Riau Buka Rakernis Dit Binmas Polda Riau

Kapolda Riau Buka Rakernis Dit Binmas Polda Riau
Kapolda Riau Brigjen Pol Drs Dolly Bambang Hermawan saat membuka Rakernis Binmas Polda Riau Tahun 2015 di SPN Pekanbaru. Selasa, 6 Oktober 2015.

Selasa 06 Oktober 2015 10:40:19 WIB
Tribrata News Riau - Kapolda Riau membuka langsung Rakernis Dit Binmas Polda Riau di SPN Pekanbaru. Dalam acara pembukaan terebut juga dihadiri seluruh pejabat utama Polda Riau. Selasa (6/10).

 Dalam sambutannya Kapolda Riau mengucapkan terima kasih dan apresiasi  kepada seluruh personel dit binmas polda riau atas kerja keras, dedikasi dan  kontribusi yang telah diberikan selama ini kepada organisasi, melalui pelaksanaan tugas yang optimal demi kemajuan  organisasi polri sehingga semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap polri.

Dilanjutkan Kapolda Riau, momentum rakernis binmas ini, dengan tema “bhabinkamtibmas kuat, tangguh bersama masyarakat dalam memecahkan permasalahan karlahut, pemilukada, gangguan kamtibmas di propinsi riau“,

Kapolda Riau mengharapkan bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program  dan kegiatan binmas yang telah dilaksanakan serta membahas solusi terhadap permasalahan yang dihadapi di lapangan dalam rangka meningkatkan  peran bhabinkamtibmas dalam pelaksanaan tugas polri untuk mewujudkan keamanan dalam negeri.

Dalam pelaksanaan rakernis ini hendaknya juga  dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mempersiapkan dan mengidentifikasi potensi kerawanan     kamtibmas    berkaitan      dengan karlahut, pemilukada serentak serta gangguan kamtibmas di tahun 2015.

Disadari bahwa kehadiran bhabinkamtibmas disetiap desa/kelurahan merupakan suatu kebutuhan, sebab bhabinkamtibmas merupakan penjuru polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, sementara desa/ kelurahan merupakan basis interaksi masyarakat. seperti diketahui bahwa dalam interaksi antar warga masyarakat bisa timbul berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh satu dan lain hal, yang apabila tidak diatasi secara dini bisa menjadi gesekan sosial yang dapat menimbulkan terjadinya konflik/gangguan kamtibmas.  untuk mencegah agar tidak berkembang menjadi gesekan sosial dan menjadi konflik sosial dan gangguan kamtibmas, maka diperlukan keberadaan bhabinkamtibmas bersama masyarakat, bhabinsa, kades/lurah setempat untuk mencari dan merumuskan solusi yang tepat dan komprehensif berdasarkan kearifan lokal untuk memecahkan masalah sosial dimaksud.

Bhabinkamtibmas adalah “kapolri” di tingkat desa/kelurahan, untuk itu yang bersangkutan minimal harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar perorangan yang setidak-tidaknya meliputi :
1)    kepolisian tugas umum;
2)    intel dasar dan deteksi dini;
3)    negosiasi;
4)    mediasi;
5)    komunikasi sosial;
6)    pemecahan masalah (problem solving); serta
7)    berbicara efektif

Selain itu bhabinkamtibmas adalah penyambung lidah antara polri dengan masyarakat serta agen perubahan revolusi mental tertib di area publik. karena tugas bhabinkamtibmas yang sangat mulia dan terhormat inilah, diharapkan bhabinkamtibmas menjadi panutan dan idola masyarakat di pedesaan/kelurahan.





Scroll to top