Gelorakan Budaya Tertib Berlalu Lintas, Ditlantas Polda Riau Hadir di Acara Car Free Day

Gelorakan Budaya Tertib Berlalu Lintas, Ditlantas Polda Riau Hadir di Acara Car Free Day

Minggu 12 Februari 2023 12:13:33 WIB

Tbnewsriau - Dalam rangka menumbuhkan budaya tertib berlalu lintas, Ditlantas Polda Riau dan Satlantas Polresta Pekanbaru hadir secara langsung di acara Car Free Day Jalan Jend. Sudirman Pekanbaru. Kegiatan ini adalah dalam rangka Ops Keselamatan Lancang Kuning tahun 2023.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah Wadir Lantas Polda Riau AKBP Donny Eka Syaputra, Kepala Cabang Jasa Raharja, personil Ditlantas Polda Riau dan personil Satlantas Polresta Pekanbaru.

Rangkaian acara dimulai dengan senam bersama masyarakat dan personil polisi lalu lintas di area car free day yang tergabung dalam Ops Keselamatan Lancang Kuning tahun 2023.Setelah itu dilanjutkan dengan pawai keselamatan berlalu lintas bersama komunitas sepatu roda Pekanbaru dan personil polisi lalu lintas membagikan brosur/ stiker kepada pengunjung car free day.

Dalam kesempatan ini juga, Ditlantas Polda Riau juga memberikan kuis kepada pengunjung car free day dan memberikan hadih berupa helm SNI bagi yang bisa menjawab pertanyaan.

Dirlantas Polda Riau melalui Wadir Lantas Polda Riau AKBP Donny Eka Syaputra menyebutkan kegiatan senam bersama ini adalah salah satu cara Ditlantas Polda Riau dalam menggelorakan budaya tertib berlalu lintas kepada masyarakat.

"Kami melihat antusias masyarakat Kota Pekanbaru yang sangat tinggi dalam acara senam bersama ini. Kami melaksanakan kegiatan ini di area car free day adalah bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat akan budaya tertib berlalu lintas", ujar Donny.

Operasi yang mengedepankan fungsi lalu lintas ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. “Dengan harapan dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas", lanjut Donny.

Adapun yang menjadi sasaran prioritas Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 ini adalah pelanggaran yang kasat mata dan berpotensi terhadap tingkat fatalitas korban kecelakaan. Di antaranya, tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus lalu lintas, menggunakan knalpot brong, berboncengan lebih dari satu, berkendara melebihi batas kecepatan, berkendara dibawah umur, berkendara dibawah pengaruh alkohol dan menggunakan handphone saat berkendara

“Kami akan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum secara humanis dan persuasif,” ujar Donny.

Ia menambahkan, operasi ini juga digelar dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas dan kamseltibcarlantas jelang memasuki Bulan Ramadhan disusul Hari Raya Idul Fitri 1444 H 2023

Terakhir Wadir Lantas Polda Riau menghimbau kepada masyarakat mari sama-sama kita dukung Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 dengan cara tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas.

“Kami imbau kepada masyarakat Kota Pekanbaru mari sama-sama kita dukung Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 dengan cara tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas,” tutup Donny.

Scroll to top