Arus Balik Terpantau Lancar, Kepulangan Pemudik Tak Serentak

Arus Balik Terpantau Lancar, Kepulangan Pemudik Tak Serentak

Jumat 28 April 2023 20:19:21 WIB

tribratanews.riau.polri.go.id - Arus balik di beberapa pintu masuk Provinsi Riau hingga Kamis (27/4) dilaporkan masih ramai lancar. Belum ada penumpukan kendaraan, baik jalur darat maupun laut. Pasalnya, tahun ini kepulangan pemudik tidak serentak.

 

Kepala Dinas Perhubungan Riau Andi Yanto mengatakan, dari hasil pemantauan di pintu masuk lintas barat dan timur, belum terjadi antrean kendaraan. “Masih terpantau lancar. Belum ada kepadatan arus kendaraan,” katanya, Kamis (27/4).

 

Dikatakannya, tidak terjadinya kepadatan arus lalu lintas dikarenakan jadwal masuk sekolah pada awal Mei nanti. “Waktu libur cukup panjang. Jadi pemudik pulangnya terpecah-pecah, tidak terfokus pada satu hari yang sama. Ini yang membuat tidak terjadi kepadatan arus lalu lintas,” ujarnya. Sementara itu, untuk di pelabuhan, seperti di Pelabuhan Buton Siak, juga tidak terdapat kepadatan yang berarti. Pelabuhan ini melayani penyeberangan dari Kepulauan Meranti. “Kalau untuk Pelabuhan Buton juga masih aman karena penyeberangan orang jadi tidak padat. Berbeda dengan pelabuhan Ro-Ro Bengkalis, memang sudah biasa terjadi antrean kendaraan hingga malam hari,” sebutnya.

 

Sedangkan di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Pekanbaru, menurutnya juga tidak terdapat antrean. Pasalnya, banyak masyarakat yang memilih angkutan Antar Jemput Dalam Provinsi (AJDP) yang menggunakan armada eksekutif.

“Banyak yang menggunakan AJDP. Jadi tidak masuk terminal lagi. Kalau untuk AKDP dan AKAP juga tidak terlalu ramai, kedatangannya biasanya sore dan malam,” ujarnya.

 

Namun demikian, pihaknya akan tetap menyiagakan personel hingga 2 Mei mendatang. Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terdapat antrean kendaraan. “Personel kami tetap siaga hingga 2 Mei mendatang,” katanya. Hingga Kamis (27/4) aktivitas angkutan di Terminal BRPS Pekanbaru di Jalan Tuanku Tambusai masih terlihat normal. Belum ada penumpukan penumpang maupun lonjakan arus balik.

 

Hanya beberapa bus yang beraktivitas di dalam terminal mengangkut maupun menurunkan penumpang. Begitu juga dengan penumpang yang berangkat maupun turun di terminal tampak masih sepi. Kepala Koordinator Terminal BRPS Pekanbaru Debi Septi mengatakan, sejauh ini arus balik mudik di terminal BRPS masih lancar dan normal. Prediksi peningkatan arus kedatangan kemungkinan terjadi pada 29-30 April 2023. “Untuk persentase kedatangan yang tertinggi masih didominasi dari Sumut, Sumsel dan Bengkulu. Kemudian Jawa dan Sumbar,” ujar Debi Septi.

 

Selain itu, di titik pintu masuk maupun keluar Kota Pekanbaru yaitu di simpang empat lampu merah Jalan Garuda Sakti dan HR Soebrantas Panam juga masih terpantau normal. Tidak terjadi kepadatan atau keramaian kendaraan atau pun penumpang.

 

Kanit Lantas Polsek Tampan Iptu Azwir yang memantau kondisi kendaraan di pos pengamanan Idulfitri persimpangan lampu merah Garuda Sakti/HR Soebrantas Panam mengatakan, kondisi kendaraan dari arah barat masih terpantau normal. Belum terjadi kepadatan kendaraan arus balik mudik.

 

Dirinya memperkirakan kepadatan arus balik kendaraan akan terjadi pada tanggal 29-30 April dan 1 Mei 2023. Pasalnya, pada 2 Mei anak sekolah sudah mulai masuk kembali. “Untuk arus balik kendaraan dari Sumbar masih terlihat normal dari sejak pagi tadi ’’ ujarnya.

Scroll to top