Kapolres Kuansing Hadiri Pembukaan Festival Pacu Jalur Kecamatan Benai Tahun 2024

Kapolres Kuansing Hadiri Pembukaan Festival Pacu Jalur Kecamatan Benai Tahun 2024

Minggu 21 Juli 2024 13:56:04 WIB

Kapolres Kuansing Diwakili Kapolsek Benai Kapolsek Benai IPTU A. Chandra Widodo, SH, menghadiri kegiatan Pembukaan Festival Pacu Jalur Tradisional Event Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Tahun 2024 di Kecamatan Benai. Acara tersebut berlangsung di lapangan sepakbola Kelurahan Benai, Kecamatan Benai. Pada hari Sabtu,(20/7/2024), sekitar pukul 09.30 WIB.

Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, M.H., melalui Kapolsek Benai IPTU A. Chandra Widodo, SH, mengatakan “Pembukaan Festival Pacu Jalur Tradisional Event Kebudayaan Kabupaten Kuansing Tahun 2024 di Kecamatan Benai dibuka langsung oleh Bupati Kuansing, DR. H. Suhardiman Amby, AK, MM,”

Acara ini turut dihadiri oleh Dandim 0302 Inhu/Kuansing yang diwakili oleh Danramil 02 Kuantan Tengah Kapten Inf Jeffry Sihombing, Pj. Sekda Kabupaten Kuansing, dr. Fahdiansyah, Sp. OG, Para Asisten, Kepala Badan, dan Kepala Dinas jajaran Pemerintah Kabupaten Kuansing, Camat Benai, Paimun Hendro, SP, Camat Sentajo Raya, Heri Hevi Antoni, S. Sos, M. Si, Para Koordinator dan Kepala UPTD se-Kecamatan Benai, Para Kepala Sekolah dan ASN se-Kecamatan Benai, Para Kepala Desa se-Kecamatan Benai dan Para masyarakat dan undangan sekitar.

Sambutan Ketua Panitia Pelaksana, Drs. Masnur Judin, MM, mengucapkan “Terima kasih kepada Bapak Bupati Kuansing yang telah hadir, Hari ini kita melakukan pembukaan pacu jalur tahun 2024 di Kecamatan Benai, yang merupakan pacu jalur ke-6 di Kabupaten Kuansing,”

Acara pembukaan ini akan dibuka langsung oleh Bupati Kuansing, meskipun beliau ada urusan di Pekanbaru, namun masih menyempatkan untuk membuka pacu jalur di Benai. Setelah memberikan arahan, Bupati akan langsung kembali ke Pekanbaru. Saya sampaikan kepada Bupati Kuansing bahwa jalur yang mendaftar dan mengikuti pacu jalur di Kecamatan Benai sebanyak 105 jalur.

Arahan Bupati Kuansing, DR. H. Suhardiman Amby, AK, MM sekaligus membuka pacu jalur rayon Kecamatan Benai, mengucapkan “Terima kasih kepada perwakilan jalur yang hadir di acara pembukaan ini, Hari ini adalah hari pertama pacu jalur di Kecamatan Benai, dengan 105 jalur yang ikut serta, jumlah yang sangat banyak dibandingkan rayon lainnya, kemungkinan karena letaknya yang strategis di tengah,”

“Pacu jalur ini adalah kebudayaan kita masyarakat Kuansing, jadi mari kita jaga kebudayaan ini, Saya minta kepada para atlet atau masyarakat desa yang ikut pacu jalur agar menjaga sportivitas selama pelaksanaan pacu jalur, sehingga situasi kamtibmas terjaga dengan baik,”

“Masyarakat luar sangat banyak yang datang untuk menyaksikan pacu jalur ini, jadi mari kita tunjukkan bahwa pacu jalur ini aman dan menarik sehingga akan semakin banyak yang datang ke sini. Dengan mengucapkan Bismillah Hirrahmanirrahim, Pacu Jalur di Kecamatan Benai resmi saya buka (Pemukulan Gong),”

Kegiatan dilanjutkan Penyerahan bantuan CSR dari Pimpinan BRKS kepada Pemkab Kuansing untuk pembuatan jalur baru, diterima oleh Pj. Sekda Kabupaten Kuansing, dr. Fahdiansyah, Sp. OG., Penyerahan bantuan keuangan khusus (BKK) untuk pembuatan jalur tradisional sebesar Rp. 50.000.000,- untuk masing-masing jalur, diserahkan oleh Pj. Sekda Kabupaten Kuansing, dr. Fahdiansyah, Sp. OG.

“Penyerahan bantuan alat-alat musik tradisional Rarak Godang untuk Kecamatan Pangean, Gunung Toar, dan Hulu Kuantan, oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuansing, Drs. Azhar Ali, MM., Kegiatan ini selesai sekitar pukul 09.40 WIB dan situasi dilaporkan dalam keadaan aman dan kondusif,” Pungkas Kapolsek.

Scroll to top