Polres Meranti Simulasi Atasi Rusuh Pilkada Serentak 2024

Polres Meranti Simulasi Atasi Rusuh Pilkada Serentak 2024

Senin 26 Agustus 2024 23:06:42 WIB

tribratanews.riau.polri.go.id - Polres Kepulauan Meranti menggelar simulasi mengatasi terjadinya kerusuhan saat Pilkada Serentak 2024. Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) ini sebagai bentuk pelatihan untuk mematangkan kesiapan pengamanan.

Tim aparat keamanan berhasil memukul mundur massa serta mengamankan sejumlah orang yang dianggap jadi propokator kerusuhan. Kegiatan itu bertujuan untuk menjaga kamtibmas serta menyiapkan seluruh komponen, baik personel maupun peralatan dalam menghadapi potensi gangguan selama Pilkada berlangsung.

 

Peragaan Sispamkota untuk persiapan Pilkada Serentak 2024 dilaksanakan di Halaman Mapolres Kepulauan Meranti, Jalan Lintas Gogok Darussalam, Senin (26/8/2024).

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Kurnia Setyawan menjelaskan bahwa kegiatan bertujuan untuk memastikan kesiapan pengamanan dalam pemilihan kepala daerah.

 

Kesiapan tersebut mencakup pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta bupati dan wakil bupati. Simulasi Sispamkota dalam rangka pengamanan tahapan Pilkada tahun 2024, yang mana hari ini jajaran Polda Riau di Polda maupun di Polres jajaran melaksanakan apel bersama secara serentak.

"Terhitung mulai besok pagi tanggal 27 Agustus Operasi Mantap Praja (OMP) Lancang Kuning 2024 sebagai sandi operasi dalam pengamanan pelaksanaan tahapan Pilkada serentak 2024 akan dimulai secara serentak juga seluruh Indonesia kita akan melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning tahun 2024," ungkapnya.

Kurnia juga mengajak semua pihak untuk saling bersinergi berkolaborasi dalam rangka melaksanakan pengamanan dalam pelaksanaan tahapan Pilkada serentak 2024.

"Kita sama-sama berdoa dan berikhtiar semoga tahapan Pilkada mulai dari besok pagi, pengumuman, maupun pendaftaran terkait dengan pendaftaran Pasangan calon sampai dengan nanti di awal tahun 2025 pelantikan Pasangan calon yang terpilih baik Gubernur Riau maupun Bupati Kepulauan Meranti bisa berjalan dengan aman tertib dan lancar," harapnya.

Kegiatan simulasi turut dihadiri Wakapolres Kompol Dodi Zulkarnain Hasibuan, Sekda Bambang Suprianto, Kajar Febriyan M, Kaban Kesbangpol Wan Zulkifli, Kasatpol PP Tunjiarto, Koordiv Teknis Penyelenggaraan KPU Meranti Romi Indra, serta sejumlah pejabat terkait lainnya. 

Scroll to top