Kapolda Riau Janji akan Tindak Tegas Orang-orang yang Mengacaukan Pilkada

Kapolda Riau Janji akan Tindak Tegas Orang-orang yang Mengacaukan Pilkada

Senin 26 Agustus 2024 23:09:35 WIB

tribratanews.riau.polri.go.id - Dalam rangka pengamanan saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Polda Riau bersama Polresta Pekanbaru melaksanakan Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) di Jalan Gajah Mada, Senin, (26/8/2024).

Pada saat itu ditampilkan aksi massa yang semula ricuh kemudian melakukan aksi yang anarkis. Mulai dari melakukan pelemparan terhadap kepolisian, menggunakan senjata tajam, dan sebagainya.

 

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K., M.H mengatakan, Sispamkota merupakan salah satu kegiatan dari pihak kepolisian untuk melakukan upaya penertiban pada masa Pilkada 2024.

“Sispamkota ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara menghadapi massa apabila suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Terakhir tadi juga ditampilkan kondisi terburuknya, dimana semuanya chaos sehingga terlihat disini bahwa semua stakeholder memang harus berperan dalam upaya melaksanakan Pilkada yang tertib,” katanya, Senin, (26/8/2024).

 

Menurutnya, Pilkada diibaratkan sebagai sebuah mesin yang saat ini sudah mulai menghangat, sehingga ia meminta seluruh lapisan masyarakat dapat berperan dalam mendinginkan situasi.

“Pilkada ibarat mesin, yang saat ini sudah mulai menghangat. Itulah peran kita semua disini, untuk mendinginkan mesin itu agar hangat nya tidak sampai memanas,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Irjen Pol Iqbal mengumumkan pihaknya akan menindak tegas orang-orang yang mencoba mengacaukan jalannya Pilkada 2024 nanti.

“Kami tidak segan-segan memberikan pelajaran kepada orang yang mengacaukan Pilkada nanti. Sekaligus kepada oknum yang tidak netral, akan kami tindak setegas-tegasnya,” pungkasnya.

Scroll to top