Cooling System untuk Pilkada Damai 2024, Polres Kuansing Gelar Jumat Curhat

Cooling System untuk Pilkada Damai 2024, Polres Kuansing Gelar Jumat Curhat

Jumat 30 Agustus 2024 23:21:47 WIB

tribratanews.riau.polri.go.id - Dalam rangka Cooling System Pilkada Damai Tahun 2024, Polres Kuansing menggelar Jumat Curhat, bertempat di Kedai Kopi Aren, Jalan Rusdi S. Abrus, Kompleks Perkantoran Bupati Kuansing, Jumat (30/8/2024) pagi.

Kegiatan ini dihadiri Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.IK. MH, Wakapolres Kompol Robet Arizal, S.Sos, Kabag Ops Kompol Y. Teguh Wiyono, SH. MH, Kasat Resnarkoba AKP Novris H. Simanjuntak, SH. MH, Kasat Lantas AKP Boy Setiawan, S.Ap. M.Si, Kasat Binmas AKP H. Yuhelmi, tokoh masyarakat dan pemuda Dusun Sinambek, Kelurahan Sungai Jering, Kuantan Tengah.

Kegiatan ini menjadi momen penting bagi masyarakat untuk berinteraksi langsung dengan aparat kepolisian, menyampaikan aspirasi, serta memperkuat kerja sama dalam menjaga ketertiban dan keamanan wilayah.

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.IK. MH menyampaikan sejumlah pesan penting terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), khususnya menjelang Pilkada 2024.

"Polri berkomitmen untuk terus berinteraksi dengan masyarakat, guna mendengarkan saran, kritik, serta aduan yang dapat membantu meningkatkan pelayanan kepolisian di wilayah hukum Polres Kuansing," ujar Kapolres.

Kapolres mengajak seluruh tokoh masyarakat, untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

"Khususnya di Kabupaten Kuansing, polres bersama seluruh polsek jajaran siap mengamankan setiap tahapan Pemilu 2024, memastikan pelaksanaan pemilihan berjalan dengan aman dan tertib," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres juga mengimbau agar masyarakat Kuansing tidak mudah terpengaruh oleh ujaran kebencian, berita hoaks, dan isu-isu negatif yang berpotensi memicu konflik, terutama yang berkaitan dengan SARA dan politik uang.

"Masyarakat diharapkan dapat menyampaikan keluhan terkait situasi kamtibmas langsung kepada pihak kepolisian agar permasalahan yang terjadi dapat ditangani dengan cepat dan tepat serta meningkatkan kedekatan antara kepolisian dan masyarakat," paparnya.

Kapolres juga menegaskan pentingnya ketahanan masyarakat terhadap berita hoaks dan isu provokatif, serta mengajak tokoh masyarakat untuk berperan aktif dalam mencegah penyebaran informasi yang dapat merusak keharmonisan masyarakat.

Dalam sesi dialog, perwakilan tokoh masyarakat dan pemuda Dusun Sinambek menyampaikan beberapa aspirasi kepada pihak kepolisian, yaitu:

-Berharap Polres Kuansing terus menjaga dan meningkatkan harkamtibmas di wilayah Taluk Kuantan;

-Menegaskan pentingnya penegakan hukum yang adil dan tidak pilih kasih.

Masyarakat juga memberikan apresiasi terhadap anggota kepolisian yang mengenakan lambang Polisi RW, yang dinilai selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, dan memberikan rasa aman.

Masyarakat juga berharap agar pelaksanaan Pilkada 2024 dapat berlangsung dengan lancar dan aman tanpa adanya gangguan yang dapat menghambat proses demokrasi di Kabupaten Kuansing.

"Kegiatan Jumat Curhat ini berlangsung dengan aman dan lancar. Masyarakat yang hadir merasa puas, dapat berdialog langsung dengan aparat kepolisian. Kegiatan ini diharapkan dapat terus dilaksanakan secara rutin untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Kuansing," pungkasnya.

Scroll to top