Polresta Pekanbaru Sukses Amankan Pendaftaran Calon Wali Kota Pekanbaru 2024

Polresta Pekanbaru Sukses Amankan Pendaftaran Calon Wali Kota Pekanbaru 2024

Sabtu 31 Agustus 2024 19:48:03 WIB

tribratanews.riau.polri.go.id - Proses pendaftaran calon Wali Kota Pekanbaru periode 2024 berjalan dengan aman dan kondusif berkat pengamanan yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru bersama jajaran Polsek di wilayah Pekanbaru. Pengamanan ini dilakukan sejak tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024, atau hingga seluruh rangkaian pendaftaran selesai.

Dalam pelaksanaannya, Polri berhasil mengawal para calon Wali Kota hingga tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru. Selama tiga hari proses pendaftaran, lima calon Wali Kota Pekanbaru resmi mendaftarkan diri di Kantor KPU, dengan ribuan pendukung mengiringi setiap calon yang mendaftar.

Kepolisian juga menurunkan ratusan personel dari Polresta Pekanbaru untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pendaftaran. Para petugas kepolisian ditempatkan di sekitar Kantor KPU Pekanbaru, serta di sepanjang Jalan Parit Indah, mulai dari Kompleks Purna MTQ hingga Kantor KPU, untuk mengatur lalu lintas dan memastikan tidak terjadi kemacetan yang dapat mengganggu jalannya proses pendaftaran.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jeki, dalam keterangannya menyatakan bahwa pengamanan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024. Kombes Pol Jeki menegaskan bahwa Polri, khususnya Polresta Pekanbaru, berkomitmen untuk menjamin keamanan seluruh proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), mulai dari pendaftaran calon hingga seluruh tahapan Pilkada selesai.

“Polri harus hadir di tengah masyarakat untuk mencegah segala kemungkinan buruk yang bisa mengganggu kelancaran Pilkada,” ujar Kombes Pol Jeki Jumat,Agustus 2024.

Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa Polri akan terus berupaya untuk menjaga kondusivitas selama pelaksanaan Pilkada, dengan harapan agar pesta demokrasi di Kota Pekanbaru dapat berjalan dengan lancar dan damai.

Dengan langkah-langkah pengamanan yang ketat, Polresta Pekanbaru berhasil menciptakan situasi yang aman dan tertib selama proses pendaftaran calon Wali Kota. Diharapkan, suasana kondusif ini dapat terus terjaga hingga seluruh tahapan Pilkada selesai dilaksanakan.

Selain itu, Kombes Pol Jeki juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat Pekanbaru untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan selama proses Pilkada berlangsung.

Polri, lanjutnya, tidak akan ragu untuk mengambil tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang berusaha mengganggu keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada.

“Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan selama Pilkada berlangsung. Jangan sampai ada pihak-pihak yang mencoba mengacaukan situasi, karena kami tidak akan segan untuk mengambil tindakan tegas demi kelancaran Pilkada,” tutup Kombes Pol Jeki.

Pilkada Pekanbaru 2024 menjadi momentum penting bagi masyarakat dalam menentukan pemimpin yang akan membawa perubahan bagi kota ini.

Oleh karena itu, keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada menjadi prioritas utama bagi Polri, dalam hal ini Polresta Pekanbaru, untuk memastikan setiap tahapan Pilkada berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

Scroll to top