Dalam Konferensi Pers,
Kapolres Kampar Ungkap Tersangka Kasus Perampokan Emas

Kapolres Kampar Ungkap Tersangka Kasus Perampokan Emas


Selasa 06 Desember 2016 15:42:32 WIB
Tribratanewsriau.com. Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SIK didampingi Kasat Reskrim AKP Bambang Dewanto SH mengadakan konfrensi pers terkait pengungkapan kasus Curas (perampokan pedagang emas) yang terjadi pada Kamis (1/12) pagi di daerah Pasar Rumbio, Kecamatan Kampar.
 
Pada kesempatan ini juga dihadirkan seorang tersangka yang berhasil diringkus jajaran Polres Kampar, yaitu AH alias AL (30) warga asal Sumatera Selatan yang bertempat tinggal di rumah kos-kosan Jalan Tuah Karya, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru.
  
Kepada media, diungkapkan Kapolres Kampar, bahwa peristiwa ini terjadi pada hari Kamis (1/12) sekira pukul 08.30 WIB di areal parkir Pasar Rumbio, Kecamatan Kampar, saat itu korban Hadinur (38), seorang pedagang emas keliling sedang memarkir mobil Toyota Avanza miliknya untuk berjualan di pasar tersebut.
 
Tiba-tiba datang pelaku AH alias AL mengenakan helm yang langsung memecahkan kaca mobil sebelah kanan depan dan menodongkan senjata api laras pendek ke arah korban.
 
Korban berusaha melarikan diri keluar dari pintu sebelah kiri mobil sambil membawa tas berisi emas dagangannya sebanyak 2,5 kg serta uang tunai puluhan juta rupiah.
 
Upaya korban untuk lari gagal karena terjatuh dan terjadi tarik menarik tas miliknya dengan pelaku, beberapa saat kemudian pelaku kembali mengancam dengan senjata api untuk menembak sehingga korban melepaskan tas miliknya. Usai mendapatkan tas milik korban, pelaku langsung kabur bersama temannya yang telah menunggu dengan sepeda motor Kawasaki Ninja.
 
Pihak Kepolisian dari Polres Kampar dan Polsek Kampar yang dilapori kejadian ini segera membentuk tim untuk melakukan penyelidikan dan memburu pelaku.
 
Petugas akhirnya berhasil mengendus keberadaan salah satu pelaku bernama AH alias AL di salah satu rumah kos yang berada di Jalan Tuah Karya, Panam, Kota Pekanbaru.
 
"Hanya sekitar 26 jam setelah kejadian, pelaku utama AH alias AL seorang residivis asal Palembang berhasil diringkus di tempat kosnya di Kota Pekanbaru," jelas Edy.
 
Saat ditanyakan tentang pelaku lainnya, disampaikan Kapolres, bahwa dari keterangan tersangka yang telah ditangkap serta beberapa saksi lain diduga ada keterlibatan oknum TNI. "Kita akan mendalami keterangan tersebut dan bekerjasama dengan POM TNI untuk mengungkap secara tuntas," tegas Edy.
 
Mengakhiri konfrensi pers ini, Kapolres Kampar kembali mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap pelaku kejahatan terutama bila membawa barang-barang berharga serta uang dalam jumlah besar. "Jajaran kami siap melakukan pengawalan bila dibutuhkan," kata kapolres sambil menutup keterangannya  (eda)
Scroll to top