Rebutan Lahan Tangkap Ikan,
Warga Desa Muntai Bakar Kapal Ikan Milik Warga Desa Tetangga

Warga Desa Muntai Bakar Kapal Ikan Milik Warga Desa Tetangga


Kamis 08 Desember 2016 11:30:17 WIB
Tribratanewsriau.com. Warga Desa Muntai Kecamatan Bantan Kabupaten Meranti membakar satu unit kapal KM. Gunung Lima milik Sdr Bakri yang merupakan Nelayan Kecamatan Tebing Tinggi Barat  Kabupaten Meranti yang merupakan nelayan dari desa tetangganya kemaren hari Rabu (07/12/2016).

Kejadian ini disesalkan oleh banyak pihak karena sejak awal sudah diadakan pendekatan persuasif oleh ketua kelompok Nelayan dan lintas Stakeholder di masing masing desa. Namun pembakaran kapal tak bisa dihindarkan karena banyaknya  massa disekitaran Kapal yang ditangkap massa. Bwermula pada hari Rabu kemaren sekira pukul 13.30 wib di perairan Desa Muntai Kec. Bantan masyarakat melakukan  penangkapan kapal pompong KM. Gunung Lima yg di Nakhdoai oleh Sdr Bakri. Nelayan jaring Rawai Desa Muntai menariknya ke pantai Kuala Muntai Dusun Tua Desa Muntai Kec. Bantan. 

Bhabinkamtibmas dan seluruh stakeholder di dua desa ini sudah duduk bersama mencoba mencari penyelesaian terbaik. Namun massa yang tak dapat dibendung ini tetap merasa tak puas. Mereka tetap beraksi dan membakar kapal KM Gunung Lima. Walau sudah beberapa kali dipadamkan oleh Bhabinkambtibmas dan perangkat desa namun upaya ini tetap dilakukan warga hingga kebakaran membesar dan tak bisa lagi dicegah. 

Dalam kesempatan terpisah saat dimintai keteranganya, Kabid Humas Polda, AKBP Guntur Aryo Tejo,SIK,MM mengatakan sangat menyesalkan tindakan main hakim sendiri oleh masyarakat. "Kita tau pelakunya sehingga penegakan hukum akan tetap kita tegakkan pada pelaku tersebut" ujar Guntur sambil menutup keterangannya  (AA)
Scroll to top