" Pensiun GAUL "
Hadapi Masa Pensiun Dengan Ikhlas Dan Semangat

Hadapi Masa Pensiun Dengan Ikhlas Dan Semangat


Kamis 26 November 2015 11:16:26 WIB
Tribrata News Riau - Polda Riau melaksanakan kegiatan Pembekalan dan pelatihan menjelang purna tugas bagi Personil Polri dan pegawai Negeri di jajaran Polda Riau. Bertempat di Hotel Jatra Pekanbaru, Kamis (26/11/2015).

Turut Hadir dalam acara pembukaan Karo SDM Polda Riau Kombes Pol Drs. Puji P. Hadi, MH, serta dihadiri oleh 231 Personil Jajaran Polda Riau yang akan mengakhiri masa tugas di Kepolisian. Tugas Polri sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat merupakan suatu pengadian sebagai insan Bahayangkara .

Pengadian tersebut membutuhkan kerja keras, disertai dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam pelaksanaannya. Seiring berjalannya waktu, pengabdian selaku insan Bhayangkara akan berakhir dan digantikan oleh generasi penerus dikarenakan adanya batasan usia dalam kedinasan.

Karo SDM Polda Riau mengatakan "Purna tugas merupakan hal yang bersifat alamiah dan hendaknya disikapi jiwa yang ikhlas dan penuh semangat. Kehidupan baru yang akan dilewati oleh setiap anggota Polri ini harus dapat dimanfaatkan secara efektif, dengan tetap menjaga etos kerja , nama baik pribadi dan citra Polri, serta senantiasa menjadi teladan di lingkungan masyarakat," ungkap Karo SDM Polda Riau Kombes Pol Drs. Puji P. Hadi, MH.

Pelatihan Keterampilan kepada anggota Polri dan PNS Polri yang memasuki masa Purna tugas mengambil tema "Pensiun GAUL" yang merupakan singkatan dari :
G : Gaya hidup sehat dan bahagia.
A : Aktifitasnya bermanfaat.
U : Uangnya banyak.
L : Lupanya sedikit.

Dengan diadakannnya pembekalan dan pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan diri secara psikologis, mental maupun fisik sehingga terhindar dari gejala "Post Power Syndrome". Penyelenggaraan pembekalan walaupun dilaksanakan secara singkat diharapkan mampu mempersiapkan para calon purna tugas untuk  membentuk sosok SDM Polri yang siap menghadapi perubahan yang signifikan dimasa pensiun natinya, baik perubahan dalam halperan, kedudukan sosial bahkan finansial, yang menuntut para pensiunan melakukan perubahan sikap mental secara total karena melepaskan atribut Polri beserta fungsi, peran dan statusnya.

Untuk itu diperlukan langkah-langkah untuk mempersiapkan SDM Polri menjelang purna tugas yang berkualitas dengan pemberian materi-materi pembekalan dan pelatihan keterampilan diantaranya seorang Motivator Bapak Sulaiman Budiman mengatakan  "Jadikan tempat kerja kita sebagai tempat belajar atau tempat mencari ilmu. Ambil ilmunya, pelajari dan aplikasikan di lapangan. Nantinya setelah pensiun kita tidak lagi bingung harus berbuat apa. Maka dari sekarang seraplah ilmu yang ada di tempat bekerjamu," Ujar Motivator Sulaiman Budiman.

Pembekalan ini juga dilatihkan Teknik Budi Daya Sayuran dan Teknik Budi daya Ikan Lele dengan pembicara dari Dinas Pertanian Kota Pekanbaru. Tidak hanya itu pembekalan juga diberikan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru tentang bagaimana cara menciptakan lapangan kerja sendiri. Diharapkan nantinya peserta pembekalan dan pelatihan keterampilan dapat merencanakan bidang usaha yang diminati setelah purna tugas. (Vk)

Scroll to top