Brigadir David,
Sosok Polisi Yang Berjiwa Patriot dan Humanis Bagi Masyarakat.

Sosok Polisi Yang Berjiwa Patriot dan Humanis Bagi Masyarakat.


Jumat 03 Februari 2017 13:37:46 WIB
TBnews Polda Riau - Seorang polisi yang muda berpangkat Brigadir ini ternyata memiliki banyak prestasi dan sangat dikenal di kalangan masyarakat sekitarnya.

Brigadir David Gusmiantoro namanya, beliau yang kesehariannya bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Teratakbuluh, Kecamatan Siakhulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Dalam bertugas kesehariannya, Brigadir David menceritakan bahwa ia selalu melaksanakan tugas Polri sebagai Bhabinkamtibmas penuh humanis. "Kami sebagai insan Polri dalam melaksanakan tugas itu adalah amanah. Kepada masyarakat selalu kami rangkul sesuai motto Polri yaitu Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat," tutur Brigadir David mengawali ceritanya.

Saat melaksanakan tugas tersebut, dikatakannya, dirinya tidak pernah luput dari bimbingan pimpinannya. "Saya berterimakasih dan bersyukur kepada pimpinan kami yakni ibu Kapolsek Siak Hulu, bapak Kapolres Kampar dan bapak Kapolda Riau. Dimana, beliau-beliau itulah sebagai panutan saya seorang pimpinan yang memiliki dedikasi tinggi," jelasnya.

Melalui perbincangan dengan Brigadir David, ia ternyata mengungkapkan pernah menangkap pelaku pembakar lahan di Kubang.

"Waktu itu saat berbuka puasa tahun 2015, ada saya amankan pelaku pembakaran lahan. Saya juga dibantu dengan teman-teman yakni Babinsa dan masyarakat," kata David.

Atas keberhasilan menangkap pelaku pembakaran lahan di Kubang itu, Brigadir David mendapatkan penghargaan dari Dandim Kampar Letkol Yudi serta Kapolres Kampar AKBP Ery Apriono saat itu.

Selain itu, Brigadir David menceritakan pernah meraih juara terbaik penilaian Bhabinkamtibmas tingkat Kabupaten Kampar juara pertama tahun 2015 tentang kegiatan Bhabinkamtibmas kepercayaan masyarakat serta pembuatan film dokumenter tentang perjalanan dinas Bhabinkamtibmas Teratakbuluh  durasi 15 menit yang dibuat Dirbinmas Polda Riau yang lama yakni Kombes Pol Dr H Sugiyono.

"Dari tingkat kabupaten, kembali dilakukan penilaian tingkat Polda Riau. Dan Alhamdulillah, saya meraih juara dua," kata David yang memiliki tugas Bhabinkamtibmas di wilayah dua tempat yakni Desa Teratakbuluh sebagai desa binaan dan Desa Kubang sebagai desa sentuhan.

Dalam bertugasnya, Brigadir David sebagai Bhabinkamtibmas memiliki rasa tanggungjawabnya kepada negara dan masyarakat.

"Ada bermacam permasalahan yang saya atasi sebagai Bhabinkamtibmas seperti kasus pencemaran nama baik, perbuatan tidak menyenangkan, laka lintas ringan, perkelahian. Alhamdulillah, namua semua dapat di selesaikan dengan Problem Solving," kata pria kelahiran Teratakbuluh 23 Agustus 1986 ini.

Selain sebagai Bhabinkamtibmas Teratakbuluh, Brigadir David ini ternyata dipercaya masyarakat sebagai Ketua Pemuda Teratakbuluh, Koordinator Badan Pengelola Pasar sebagai Ketua di Teratakbuluh, Ketua OPSI di Teratakbuluh.

"Kami bersama Pemuda dan Masyarakat Teratakbuluh rencananya akan adakan program yakni pembenihan ikan atau larva patin," kata Brigadir David.

Brigadir David kepada teman-teman Bhabinkamtibmas melalui media ini menyampaikan motivasinya dalam bertugas harus berbuat yang terbaik. "Yang terpenting kita selalu berbuat terbaik sebagai insan Polri. Karena kita telah berikrar sebagai Pelayan, Pelindung dan Pengayom masyarakat. Berawal dari niat yang tulus dalam berdinas, Insya Allah kita selalu diberi kemudahan. Karena semua ini tergantung keinginan dalam bekerja," terangnya.

Itulah ungkapan cerita dari Brigadir David seorang Bhabinkamtibmas Teratakbuluh Polsek Siak Hulu Polres Kampar yang memiliki banyak prestasi. Dengan tindakan dan prilaku bhabinkamtibmas tersebut, semoga dapat menjadi inspirasi bagi bhabinkamtibmas yang lainnya untuk lebih dapat mengabdikan dirinya dalam melaksanakan tugas kepolisian yang bermanfaat, dengan jiwa patriot dan humanis bagi masyarakat.

Menanggapi hal ini Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo mengungkapkan "Kita sangat bangga dengan Kinerja yang sudah dilakukan Oleh Brigadir David, semoga kedepannya masih banyak lagi anggota kepolisian yang bisa menjadi panutan bagi masyarakat seperti Brigadir David" ungkapnya.


Scroll to top