Yosanna Kecewa Dengan Kinerja Rutan Sialang Bungkuk

Yosanna Kecewa Dengan Kinerja Rutan Sialang Bungkuk


Minggu 07 Mei 2017 14:50:14 WIB
Tbnews Polda Riau - Terkait masalah keluhan tahanan yang berada didalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sialang Bungkuk, menyebabkan larinya 448 orang napi. Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly merasa kecewa dengan adanya tindakan petugas diluar prosedur.

"Sedih rasanya mendengar keluhan mereka (Tahanan,red). Kenapa tidak, didalam Rutan kita temukan adanya kegiatan pungli,"ungkap Yasonna kepada awak media dalam konfrensi pres di Rutan, Minggu (7/5/2017) siang.

Selama lebih dari satu jam, Yosonna mendengarkan keluhan tahanan, mengapa melarikan diri dari Rutan. Selama ini mereka diberikan pelayanan yang tidak layak semestinya. 

"Dari pengakuan tahanan, pelayanan yang diberikan petugas Rutan kepada mereka sudah diluar batas. Disamping itu juga mereka dimintai sejumlah uang jika menginginkan tempat yang layak. Terhadap makan, nelpon keluarga dan bertamu dikenakan biaya,"kesal Yasonna.

Sementara, kegiatan pungli ini justru malah dilakukan oleh beberapa oknum petugas Rutan itu sendiri, tahanan sengaja ditempatkan dikamar yang lebih padat sehingga berdesak-desakan dengan tahanan lainnya.

Yasonna juga memintak kepada Kapolda Riau, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara agar secepatnya dilakukan penyidikan terhadap adanya kegiatan pungli didalam Rutan. Aksi pungli yang dilakukan oknum petugas Rutan ini diduga sudah berlangsung lama.

"Saya aja baru tau di Rutan ini ada punglinya. Ini harus diselesaikan secara pidana, dan minta kepada Kapolda Riau harus diselesaikan," tegas Yasonna.

Sejauh ini, aksi petugas yang melakukan pungli terhadap tahanan Rutan, sewaktu pemindahan kamar, menelpon keluarga dan jam berkunjung. Itu dimintai sejumlah uang. Sementara itu pelayanan yang dilakukan oknum petugas juga dinilai ekstrim terhadap tahanan.

"Dari situlah terjadi keinginan memintai uang kepada tahanan yang merasa risih ditempat yang padat. Sehingga mereka yang ingin pindah kamar, dimintai uang dengan anggaran Rp 1 juga sampai Rp 3 juta perorang untuk mendapatkan tempat yang nyaman," pungkas Yasonna.

Yasonna datang ke Rutan didampingi oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Kapolda Riau Irjen Zulkarnain, Danrem 031 Wirabima dan jajaran Forkopimda. (sumber halloriau.com)
Scroll to top