Dialog Interaktif Bersama Kabid Humas Polda Riau di RRI Pekanbaru

Dialog Interaktif Bersama Kabid Humas Polda Riau di RRI Pekanbaru


Rabu 12 Juli 2017 11:04:33 WIBTbnews Polda Riau - Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo pagi tadi melaksanakan kegiatan dialog interaktif di studio Pro1 RRI Pekanbaru. 

Didampingi oleh Kasubbig Keamanan Negara (kamneg) Dit Intelkam Polda Riau AKBP Redion Sinaga dan pakar Kriminolog UIR Kasmanto Rinaldi membahas tentang penanganan terorisme. Rabu (12/7) pukul 08.00 Wib.

Dalam arahannya Kabid Humas mengatakan bahwa radikalisme adalah gerakan yang berpandangan kolot dan sering menggunakan kekerasan dalam mengajarkan keyakinan mereka.
Sementara Islam merupakan agama kedamaian yang mengajarkan sikap berdamai dan mencari perdamaian.

Islam sendiri tidak pernah membenarkan praktek penggunaan kekerasan dalam menyebarkan agama, paham keagamaan serta paham politik.

Selain itu Kabid Humas juga menghimbau kepada masyrakat jangan mudah percaya tentang broadcast yang ada di media sosial yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Hindari provokasi tentang opini yang mengatasnamakan agama oleh kelompok kelompok tertentu. Pembrantasan terorisme tdak terlepas dari peran pemerintah dan masyarakat.
Cerdas dalam mengunakan media sosial dan media lain nya.

Menurut pakar Kriminolog UIR Kasmanto Rinaldi mengatakan dengan membawa bahasa dan simbol serta slogan2 agama kaum radikalis mencoba menyentuh emosi keagamaan dan mengggalang kekuatan untuk mencapai tujuan “mulia” dari politiknya. Tentu saja hal yang dmikian ini tidak selamanya dpt disbut memanipulasi agama krna sbgian erilaku mereka berakar pd interpretasi agama dlm melihat fenomena historis. Karena dilihatnya terjadi bnyk Islam dan Wacana penyimpangan dan ketimpangan sosial yang merugikan komunitas Muslim maka terjadilah gerakan radikalisme yang ditopang oleh sentimen dan emosi keagamaan.
Scroll to top