Pembukaan Serta Pelepasan Pembinaan Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Angkatan 2015 Dan 2016

Pembukaan Serta Pelepasan Pembinaan Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Angkatan 2015 Dan 2016


Jumat 28 Juli 2017 22:09:13 WIB
Tbnews Polda Riau - Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting SIK MSi pimpin pelaksanaan pembukaan serta pelepasan Pembinaan Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Angkatan 2015 dan Angkatan 2016, Jumat (28/07/2017) siang sekira pukul 13.30 WIB, dihalaman Mapolres Dumai Jalan Jendral Sudirman No.01 Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur.

Turut hadir dalam pelaksanaan pembukaan serta pelepasan Pembinaan Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Angkatan 2015 dan Angkatan 2016, Waka Polres Dumai Kompol Dhana Ananda Syahputra SH SIK MSi, para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Polres Dumai, Ketua Bhayangkari Cabang Kota Dumai, Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Kota Dumai, seluruh personil Polres Dumai dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Polres Dumai dan para pengurus Bhayangkari Cabang Kota Dumai.

Sebanyak 33 orang Bintara Remaja Angkatan 2015 dan Angkatan 2016 Polres Dumai resmi dan sah menggunakan Baret dalam pelaksanaan dinas sehari-hari setelah melaksanakan heaking dan giat lainnya seperti jungkir, guling, merayap dan penyebrangan basah diseputaran wilayah Kota Dumai yang didampingi oleh personil Sat Sabhara yang dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Dumai AKP Maryanta.

Dalam sambutannya Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting SIK MSi mengatakan bahwa pembaretan ini adalah salah satu momen penting dan menjadi acuan dalam pelaksanaan tugas kedepan.

“Pemasangan Baret Sabhara merupakan tanda memasuki dunia baru sebagai polisi sejati. Anda sebagai polisi sejati. Polisi yang tahu dan paham sebagai seorang Bhayangkara. Camkan baik baik,” tegas Kapolres Dumai dihadapan Bintara Remaja dalam Upacara Pembaretan.

Sambung Kapolres Dumai, menjelaskan untuk menjadi Bhayangkara tidak mudah. Profesionalisme dilandasi oleh etika moral. Ada keterampilan yang harus diasah dari hari ke hari sampai pensiun nanti. Dan ada ilmu pengetahuan yang dimiliki.

“Pemakaian baret ini hanya awal mula untuk memasuki dunia yang baru. Hari ini sampai seterusnya, anda menjadi polisi yang sebenarnya. Tantangan tugas semakin berat. Menjadi polisi tidak mudah. Sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat. Anda harus siap kepada siapapun kepada yang kita layani yaitu masyarakat. Berikan layanan yang paling baik dan seikhlas mungkin dari hati sanubari yang paling dalam,” terang Kapolres Dumai.

Kapolres Dumai mewanti-wanti betul agar selalu ingat para bintara remaja ini adalah pelayan masyarakat. Kewenangan tugas itu adalah tanggung jawab moral kepada diri kita kepada masyarakat dan yang terpenting kepada Tuhan YME.

“Jadilah polisi dambaan masyarakat, tugas tantangan semakin berat, saya pesan, jaga fisik dan tampilan, karena itu menunjang tugas. Jaga integritas. Karena itu adalah cerminan dari dirimu,” sambungnya.

Selamat memasuki dunia baru dan selamat bergabung di jajaran Polres Dumai. "Jadikan Polres Dumai kebanggaan dengan menjadi sosok yang melindungi mengayomi dan melayani masyarakat,” pungkas Kapolres Dumai. 

Rangkaian Penutupan Kegiatan Pembaretan dilaksanakan dengan Pemakaian Baret kepada 9 org bintara remaja oleh Kapolres Dumai dan dilanjutkan dgn tradisi Tepuk tepung tawar yg diawali oleh Kapolres Dumai dan ketua bhayangkari cab Kota Dumai,  diikuti oleh pejabat utama dan Para Kapolsek serta pengurus bhayangkari Cab. Kota Dumai.
Scroll to top