Kerja sama JICA,Polda Riau Gelar IN-House Training Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibma

Kerja sama JICA,Polda Riau Gelar IN-House Training Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibma


Selasa 29 Agustus 2017 15:02:03 WIB
TbNews Polda Riau -  Dalam rangka peningkatan kemampuan bhabinkamtibmas sebagai pioner pengembangan pilot project polmas polda riau bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) menggelar In- House Training, (29/8/17).

Pelatihan yang terjadwal selama tiga hari ini dibuka oleh Kapolda Riau Irjen.Pol.Drs.Zulkarnain adinegara dengan disaksikan oleh Kakor Bhabinkamtibmas Mabes Polri Irjen.Pol.Drs.Arkian Lubis bersama tim instruktur dari Mabes Polri dan Sub Lider JICA Komjen.Pol Jepang Mr.Ohara Mitsuhiro.

Peran Bhabinkamtibmas dalam polmas sangatlah besar untuk itu kesungguhan dalam menerima materi baik dari tim JICA, Mabes maupun Polda Riau adalah wajib, demi menghindari kekeliruan maupun kealpaan dalam tugas di lapangan.

“Ikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, jangan sungkan untuk bertanya ataupun share pengalaman. Sebab dalam implementasi dilapangan harus memiliki kemampuan dan kemauan, tingkatkan promoter agar selalu siap melayani, mengayomi dan melayani masyarakat”. Pesan Irjen.Pol.Drs.Zulkarnain.

Agar upaya peningkatan kemampuan ini jangan dianggap sepele. Mengingat besarnya hasrat masyarakat akan pemenuhan kebutuhan keamanan yang bukan mudah untuk dicapai.

Kakor Bhabinkamtibmas Polri Irjen.Pol.Drs.Arkian Lubis Terselenggaranya Community Policing merupakan salah satu standar grand strategi POLRI 2016-2025. Dimana peran aktif harmonis masyarakat dalam penyelesaian konflik sosial mutlak diperlukan, sebab dengan keterbatasan SDM Polri tentu sulit mencapai situasi yang diidamkan.

Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan yang berbaur langsung dengan masyarakat sebagai garda terdepan tentu memiliki strategi yang sangat strategis. Maka itu, system Door To Door System atau yang seling disebut DDS harus dipahami betul dan gencar dilaksanakan. Diantaranya yakni sambaing dan kunjungan. (YL, RICO, AL).
Scroll to top