Kapolda Riau Pimpin Apel Akbar Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Riau

Kapolda Riau Pimpin Apel Akbar Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Riau


Rabu 18 Oktober 2017 17:04:13 WIB
Tb News Riau - Bertempat di Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru telah berlangsung Kegiatan Apel Akbar Bhabinkamtibmas Polda Riau, yang dipimpin oleh Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Nandang, M.H. Rabu (18/10/2017) sekitar pukul 09.00 Wib.

Tema yang diambil "Dengan Apel Akbar kita tingkatkan kemampuan bhabinkamtibmas menuju polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya, guna terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif di Bumi Lancang Kuning".

Kegiatan Apel Akbar Bhabinkamtibmas se Jajaran Polda Riau turut dihadiri oleh Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman, Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Nandang, M.H. Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Uung Abdul Syakur, Waka Polda Riau Brigjen Pol Drs. Ermi Widyatno, M.M., Irwasda Polda Riau Kombes Pol Drs. Suwarno, Dir Binmas Polda Riau Kombes Pol Drs. Kris Pramono, Para Pejabat Utama Polda Riau, Para Kapolres, Para Kapolsek dan Kasat Binmas serta Bhabinkamtibmas sejajaran Polda Riau.

Kegiatan Apel Akbar ini bertujuan menyamakan persepsi selain Bhabinkamtibmas memiliki kemampuan melaksanakan tugas-tugas Polisi umum, juga diharapkan dapat mengikuti perkembangan dinamika sosial masyarakat maka  perlu dibekali pengetahuan inter disipilin ilmu, seperti pemahaman tentang paham radikalisme, anti toleransi dan anti Pancasila.

Kapolda Riau mengatakan "Bhabinkamtibmas dibekali juga dengan teknis monitoring penggunaan dana Desa dalam rangka membantu mengeleminir penyimpangan dana Desa oleh Aparatur Pemerintahan Desa," kata Irjen Pol Drs. Nandang, M.H.

Selain tugas pokok, sekarang ini Bhabinkamtibmas juga mendapat tugas mengawal Dana Desa. Dimana tugas Bhabinkamtibmas mengawal perencanaan program hingga pelaksanaan program Dana Desa dan dana-dana sumber lain di pedesaan.

Mereka harus mengingatkan mitranya yakni Kepala Desa ataupun Lurah, apabila ada perencanaan program dana desa yang tidak sesuai dengan peruntukkannya. 

Tujuan dari dilakukanya pengawalan dana desa oleh Bhabinkamtibmas tidak lain agar jangan sampai ada program dana desa yang salah sasaran. Dan Bhabinkamtibmas harus memastikan program dana desa sudah sesuai dengan ketentuan aturan yang ada.

Gubernur Riau mengatakan "Anggota Kepolisian diberikan tugas oleh Negara ikut mengawal dana Desa agar tersalurkan dengan benar," ujar H. Arsyadjuliandi Rahman.

Bila ada yang mengingatkan, Kades bisa segera melakukan perbaikan program dana desa yang dinilai tidak sesuai peruntukkanya. Apabila ternyata Bhabinkamtibmas sudah mengingatkan adanya kesalahan program dana desa tapi tidak dihiraukan maka resiko persoalan harus dipertanggung jawabkan oleh pelaksana program. (R_04)
Scroll to top