Rapat Panel PMPRB Polda Riau

Rapat Panel PMPRB Polda Riau
Irwasda Polda Riau membuka Rapat PMPRB

Kamis 18 Februari 2016 09:59:20 WIB
TBNEWSRIAU- Hari ini Kamis (18/1) sekitar pukul 08.00 WIB s.d. selesai bertempat di Aula Bhayangkara Brimobda Riau diselenggarakan kegiatan Rapat Panel I dan II Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) Polda Riau Tahun 2015.

Adapun kegiatan tersebut dibuka oleh Irwasda Polda Kombes Drs. A.N Alamsyah. Turut hadir sebagai peserta yaitu Para Wadir, Wakapolres/ta jajaran Polda Riau, Kabag Sumda, Kasat Lantas, Kasat Reskrim, Kasubbag Renmin satker Polda Riau beserta Operator.

Dalam sambutannya Irwasda Polda Riau menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya  rapat ini untuk meminimalisir temuan dari BPK RI, yang akan dilaksanakan pemeriksaan BPK RI
di Polda Riau pada tanggal 10 April 2016.

Irwasda Polda Riau juga memberikan penekanan kepada Wakapolres/ta jajaran Polda Riau yang turut hadir pada kesempatan tersebut, mengenai Objek Pemeriksaan BPK.
Dalam Rapat ini, dilakukan pemahaman-pemahaman tentang RBP guna dapat dilakukan penilaian mandiri dan menuju zona integritas Polri.

Lingkup pengujian BPK RI, meliputi pemeriksaan atas transaksi-transaksi keuangan selama tahun 2015, termasuk transaksi 2016 yang mempengaruhi penyajian Laporan Keuangan Polri Tahun 2015.
Fokus pemeriksaan untuk LK Polri tahun 2015 adalah :
1) Kelengkapan PNBP;
2) Kewajaran Belanja dan Beban;
3) Pengamanan Aset;
4) Penyajian Kewajiban;
5) Penerapan basis akrual dalam penyusunan LK Polri Tahun 2015.


Kemudian beberapa atensi Kapolri untuk mempertahankan opini BPK RI Wajar Tanpa Pengecualian atas LK Polri sebagai berikut:
1) agar Kasatker dapat menerima dan membantu Tim BPK terkait dengan pemeriksaan yang akan dilakukan, dengan memberikan penjelasan seakurat dan aktual mungkin  kepada tim dengan didukung dokumen yang memadai;
2) cermati hasil pemeriksaan sementara dan tanyakan kepada tim apabila terdapat hal-hal yang belum jelas dan menimbulkan multi tafsir;
3) jalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan para auditor BPK, agar dicapaikesamaan persepsi dan solusi dalam menyelesaikan temuan.


Hal-hal di atas adalah  gambaran singkat tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yang direncanakan berlangsung selama 1 (satu) hari tersebut.

Scroll to top