Aksi May Day Serikat Pekerja Inhu Melalui Kegiatan Donor Darah dan Kitanan Masal

Aksi May Day Serikat Pekerja Inhu Melalui Kegiatan Donor Darah dan Kitanan Masal


Selasa 01 Mei 2018 18:49:04 WIB
Tbnews Polda Riau - Dalam memperingati hari buruh yang jatuh pada hari ini tanggal 1 Mei 2018 para serikat pekerja Kabupaten Indragirihulu melakukan kegiatan sosial.

Aksi damai yang dilakukan serikat pekerja tersebut dipusatkan di Venue Panjat Tebing Komplek Perkantoran Pemda Kab. Inhu Jl. Indragiri Kel. Pematang Reba Kec. Rengat Barat

Massa aksi yang melakukan kegiatan pada pukul 10.00 wib tersebut di perkirakan berjumlah seribu orang yang terdiri dari DPC F. FSPTSI - K.FSPI Kab. Inhu pimpinan Sdr. MUCHSON, BBA, DPC F. SBSI 1992 Kab. Inhu pimpinan Sdr. BAHRUM S, DPC. F. SBSI HUAKATAN Pimpinan Sdr. WISTON PANDIANGAN dan DPC. SPN Inhu Pimpinan Sdr. Tengku Ridwan. Selaku penanggung jawab kegiatan Sdr. Muchson, BBA yang merupakan Ketua Forum Lintas Serikat Pekerka / Serikat Buruh Kab. Inhu.

Kagiatan sosial yang dilakukan massa aksi tersebut dihadiri juga oleh Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting.SIK, Waka Polres Inhu Kompol Roni Syahendra. SIK, MH, Sekda Kab. Inhu Ir. H. Hendrizal. M.Si, Anggota DPRD Kab. Inhu R. Irwantoni. SE, Plt. Kepala Dinas Ketenagakerjaan Inhu Drs. Nursisman, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Inhu Ibu Elis Julinarti, Kepala Kamenag Inhu diwakili oleh Kasi Penyelenggara Syariah Kemenang Inhu H. Abudul Rozak, M.Pdi, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Inhu diwakili oleh Jonggi Juan Panjaitan, SH, Kapala BPJS Kesehatan Cab. Tembilahan (Inhil, Inhu dan Kuansing) Sdr. Dahidin, SE, MM dan Perwakilan Apindo Kab. Inhu.

Sebanyak 23 kantong darah yang dikumpulkan dalam aksi sosial tersebut dan kitanan masal sebanyak 50 orang. Selain melakukan aksi sosial para buruh juga menyuarakan orasi dan asipirasi buruh.

Ditengah kegiatan massa aksi dilanjutkan dengan pernyataan sikap para buruh yang ikut menolak segala bentuk berita hoax melalui deklarasi anti hoax bersama Unsur Muspida Kab. Inhu dan para Buruh Kab. Inhu. 

Adapun Aspirasi / tuntutan Forum Lintas Serikat Pekerja / Serikat Buruh Kab. Inhu tahun 2018 adalah :

1. Tempatkan personil ASN di Dinas Tenaga Kerja yang mengerti dgn Peraturan Organisasi Serikat Pekerja / Buruh. 
2. Tolak dengan Tegas Organisasi Pekerja / Buruh yang tidak memiliki Legalitas yang jelas.
3. Cetak mediator di Dinas Tenaga Kerja yang handal, agar dapat menyelesaikan Permasalahan.
4. Meminta Kepada Pengusaha agar memberikan Bea Siswa kepada Putra/Putri Pekerja/Buruh yang berprestasi. 
5. Skala Upah wajib dibangun oleh Dinas Tenaga Kerja demi kesejahteraan Pekerja. 
6. Berikan pada Serikat Pekerja / Serikat Buruh Perumahan murah yang terjangkau untuk Pekerja / Buruh.
7. Semua Perusahaan Wajib memasukkan Serikat Buruh / Serikat Pekerja dalam Program BPJS Tenaga Kerja dan BPJS Kesehatan.
8. Diminta semua Perusahaan yang ada di Inhu agar memberlakukan Skala Upah. 
9. Diminta kepada Pemerintah untuk menindak Tegas Perusahaan yang Nakal, yang tidak mengikuti Peraturan yang ada. 

Personil yang dilibatkan sebanyak 287 personil yang terdiri dari gabungan Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub yang dilibatkan melakukan pengamanan aksi damai yang dilakukan para buruh dalam melaksanakan peringatan May Day 2018, kegiatan berakhir pkl 13.30 Wib, Selama giat berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan tertib.Ucap Paur Humas Polres Inhu
Scroll to top