24 Personil Polri Ikuti Assessment Jabatan Wakapolres dan Kasat

24 Personil Polri Ikuti Assessment Jabatan Wakapolres dan Kasat


Rabu 02 Mei 2018 13:04:50 WIB
Tribratanewsriau - 24 personel Polri berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) dan Ajun Komisaris Polisi (AKP) mengikuti assesment uji kompetensi di Assessment Center Polda Riau, Rabu (2/5).

Assesment ini dilakukan sebagai syarat menduduki jabatan Wakapolres, Kasat Lantas , Kasat Polair dan Kasat Narkoba di Polres jajaran Polda Riau.

Kabid Humas Polda Riau AKBP Sunarto mengatakan pelaksanaan uji kompetensi dilaksanakan selama tiga hari, 2 – 4 Mei 2018.

"Para peserta assessment harus melalui tiga tahapan kegiatan yaitu tes psikometri, diskusi kelompok dan wawancara."

"Sedangkan penguji atau assessor berasal dari kalangan internal Polda yang telah memiliki sertifikasi assessment dari Mabes Polri," ujarnya.

Para peserta dinilai dari beberapa aspek penilaian di antaranya kemampuan berpikir analisa dan konseptual, perencanaan dan pengorganisasian, pengawasan, kebijakan proses dan prosedur, integritas, kepemimpinan.

"Memengaruhi dan mempersuasi, komunikasi personal, adaptasi terhadap perubahan, orientasi terhadap perubahan, membangun hubungan, kerja sama tim serta membimbing dan mengembangkan orang lain," sambungnya.

Lebih lanjut AKBP Sunarto mengatakan, assessment yang telah dilaksanakan beberapa tahun terakhir ini merupakan kegiatan yang harus dilalui oleh anggota Polri yang akan menduduki jabatan-jabatan strategis, baik yang ada di Polda Riau maupun yang ada di kewilyahan seperti jabatan Wakapolres, Kapolsek dan Kasat.
Scroll to top