Rapat Evaluasi Penanganan Konflik Berlatarbelakangan Lahan dan hutanan di Provinsi Riau

Rapat Evaluasi Penanganan Konflik Berlatarbelakangan Lahan dan hutanan di Provinsi Riau


Kamis 26 Juli 2018 13:26:23 WIB
Tribratanewsriau.com. Telah berlangsung kegiatan Rapat eEvaluasi Penanganan Konflik Berlatarbelakangan Lahan dan hutanan di Provinsi Riau yang dilaksanakan di hotel pangeran pekanbarau jl. Jend. Sudirman No. 371-373 pekanbaru. (26/7)

Dalam acara ini di hadiri olehDeputi bidang hubungan kelembagaan dan kemasyarakatan kemensetneg , Dirjen planologi kehutanan dan Tata Lingkungan, Dirjen penegakan hukum kementrian LHK ,JAM pidum kejaksaan Agung,Direktur Tipidum bareskrim Polri , Kepala Biro Wasidik Bareskrim Polri, Kasubdit gangguan usaha, dampak perubahan iklim dan pencegagahan kebakaran ditjen perkebunan kementrian pertanian, Dit Reskrimum polda Riau dan pejabat daerah dari kabupaten Siak,Kampar ,Pelalawan ,indragiri hulu,  kuantan singingi serta Direktur utama PT. Ciliandra perkasa. 

Dalam rapat kali ini di sampaikan berupa Paparan tentang Hutan di sekelilingi HGU PT.Ciliandra Perkasa : hasil rapat tanggal 09 maret 2018 terkait tindaklanjut penyelesaian konflik perambahan hutan di luar HGU PT. Ciliandra Perkasa . Rekomendasi surat nomor : B -440/KM.02.03/3/2018 tanggal 12 Maret 2018. Dirjen penanganan masalah agrana , permasalahan Ruang dan Tanah kementrian ATR/BPN , Dirjen planologi kehutanan dan tata lingkungan  merekomendasikan K/L/D terkait untuk melaksanakan pengukuran dan penataan kembali batas hak guna usaha ( HGU) PT. Ciliandra Perkasa (PT. Pertisa) dan area di kuaR HGU. Kabareskrim Polri mengkoordinasikan Polda Riau ,polres kampar dan kanwil BPN Prov riau untuk menyelidiki keabsahan dokumen perijinan PT. Ciliandra Perkasa serta perusahan perkebunan lain yang bermasalah .

Juga Perkembangan lebih lanjut dalam penegakan hukum terkait penanganan konflik perambahan hutan Taman Nasional Tesso Nilo. Agar yang terlibat dalam Satgas Penegakan Hukum untuk Tim penyelidikan operasi pengamanan hutan yang di koordinator : kepala bnn daerah riau agar bertagung jawab Penuh dengan permasalahan ini. Tugas Satgas Gakkum merencanakan dan melaksanakan penyelidikan dan operasi pengamanan hutan dalam rangka implementSi pengelola ekosistem Tesso Nilo,melakukan konsulidasi para pihak terkait baik di pusat maupun daerah dalam upaya penegakan hukum di ekosistem Tesso Nilo,melakukan penyelidikan dan penuntutan terhadap tokoh/pemodal /cukong yang melakukan tindak pidana lingkungan hidup dan kehutanan di kawasan ekositem Tesso Nilo,merencanakan dan melaksanakan penyelidikan dan operasi pengamanan Hutan dalam rangka Implementasi pengelolaan ekosisstem Nilo, melakukan upaya penyelesiaan sertifikasi dan surat tanah lainnya yang terbit di dalam kawasan hutan Ekosistem Tesso nilo.

Scroll to top