Kapolres Inhil Pimpin Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Pekan Tua Kempas

Kapolres Inhil Pimpin Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Pekan Tua Kempas


Minggu 30 September 2018 12:43:14 WIBTbnewsriau - Kapolres Inhik  AKBP Christian Rony Putra, Sik pimpin langsung pemadaman kebakaran hutan dan lahan di desa Pekan Tua Kec. Kempas Inhil. Sabtu (29/9) pukul 11.00 Wib.

Dalam kegiatan ini turut hadir Kabag Ops KOMPOL MAISON, S.H, Kasat Intelkam AKP FERDINAN SUMARDI, S.H., M.H, Kasat Binmas AKP ALAKDIN NAPITUPULU, Kasat Sabhara AKP SUTONO, HS, Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kab. Inhil GORDON PANGABEAN, S.Sos, Kapolsek Kempas AKP OKA MAHENDRA SYAHRIAL, S.E., S.I.K,Danramil 03/Tempuling Kempas KAPTEN ARH. SUGIYONO, Kades Sungai Rabit SUPRAPTO serta Humas PT. SRL ALBERT SIANIPAR.

Pemadaman kebakaran lahan ini, dilakukan di tiga titik area yang terbakar yakni di RT 016 RW 008 Parit Baru Dusun Bahagia Pulau Tiga Desa Pekan Tua serta di SK 25 A dan SK 27 Desa Sungai Rabit Kec. Kempas.

Dalam pemadaman tersebut, dikerahkan alat pemadam kebakaran dari PT. SRL alat berat sebanyak 4 unit, pompa  merk Max 3 sebanyak 10 unit, pompa merk Mini Striker sebanyak 16 unit, sedangkan dari BPBD sebanyak 3 unit dan rabin dari masyarakat sebanyak 4 unit.

Jumlah personil yang diterjunkan dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan ini dari Polri sebanyak 50 personil, TNI sebanyak 10 personil, BPBD sebanyak 20 personil, Manggaka Agni PT SRL sebanyak 50 personil dan dari masyarakat peduli api sebanyak 100 orang.

Lahan yang terbakar Perkebunan kelapa sawit milik masyarakat dan semak belukar Di Parit Baru RT 16 RW 8, Dusun bahagia, Pulau Tiga, Desa Pekan Tua, Kec. Kempas, Kab. Inhil dan Semak belukar, perkebunan pohon karet dan hutan lindung, SK 28, SK 27, SK 26, SK 25, RT 03 RW 2, Desa Sei. Rabit, Kec. Kempas, Kab. Inhil. (perbatasan dengan lahan milik PT. SRL bagian belakang dan Desa Tanjung Sari, Kec. Kuala Cenaku, Kab. Inhil sebelah Barat) 

Jenis tanah sebagian mineral dan sebagian gambut. Saat ini luas lahan yang terbakar diperkirakan lebih kurang 270 (dua ratus tujuh puluh) Ha.
Scroll to top