Mendikbud RI Kunjungi Kabupaten Kampar Dalam Rangka Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan

Mendikbud RI Kunjungi Kabupaten Kampar Dalam Rangka Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan


Sabtu 09 Maret 2019 19:36:11 WIB
tribratanewsriau.com - Kunjungan Mendikbud RI dalam rangka Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di Kab. Kampar. Sabtu (9/3).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy MAP beserta rombongan di Kabupaten Kampar, kunjungan ini dalam rangka Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019 yang diadakan di Lapangan Pelajar Kecamatan Bangkinang Kota.

Mendikbud RI didampingi Dirjen Dikdasmen dan Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution beserta rombongan tiba dilokasi acara pada pukul 15.40 wib yang disambut Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH, beserta Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri SAg, Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH, Dandim 0313/ KPR Letkol Inf. Aidil Amin SIP dan Sekda Kampar Drs. Yusri MSi.

Hadir pada acara ini Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Para Camat, dan Kepala Sekolah se-Kabupaten Kampar serta ribuan pelajar Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah di Kabupaten Kampar.

Selanjutnya dilakukan pengalungan bunga dan pemasangan Tanjak kepada Mendikbud RI dan Dirjen Dikdasmen serta Wakil Gubernur Riau, rombongan kemudian menuju tenda kehormatan diiringi Kesenian Tradisional Dikiu Gubano. 

Acara diawali dengan penampilan Tari Persembahan dari Tim Kesenian Pelajar SMA Negeri I Kecamatan Bangkinang Kota dan dilanjutkan pembacaan Do'a yang dipandu Kakan Kemenag Kab. Kampar Drs. Alfian Mag.

Selanjutnya Sekapur Sirih dari Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH, mengawali sambutannya Bupati Kampar menyampaikan ucapan terimakasih  dan selamat datang kepada Mendikbud RI dan rombongan, dalam rangka menghadiri acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019 di Kabupaten Kampar.

Dalam sambutannya ini Bupati Kampar juga menyampaikan bahwa Pemda Kampar telah mengalokasikan 36 persen dari APBD Kampar untuk bidang Pendidikan, namun besarnya alokasi dana ini masih belum mampu mememuhi semua kebutuhan pada bidang pendidikan. 

Sehubungan hal itu Pemda Kampar berharap agar Kementerian Pendidikan RI dapat memberikan perhatian lebih terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Kampar, jelas Bupati.

Acara berikutnya penampilan Kesenian Tradisional Calempong Kolaborasi oleh Tim Klasik Gong yang berkolaborasi dengan Tim Kesenian dari beberapa Sekolah Menengah di Kab. Kampar. 

Kemudian penyerahan secara simbolis Kartu Indonesia Pintar (KIP) oleh Mendikbud RI kepada perwakilan pelajar dan dilanjutkan penampilan Tari Kreasi dari Pelajar SMA Negeri 2 Bangkinang Kota.

Berikutnya Testimoni dari Perwakilan Siswa Penerima KIP, Perwakilan Guru Penerima Tunjangan Khusus dan Kepala Sekolah Penerima Dana Bantuan Pendidikan, Menteri melakukan dialog langsung dengan masing-masing perwakilan yang menyampaikan Testimoni ini.

Menteri juga menyampaikan tentang kepedulian Pemerintah Pusat untuk kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Kampar, hal ini dibuktikan dengan dikucurkannya Dana Bantuan dari Kementerian Pendidikan RI kepada Pemkab Kampar untuk bidang Pendidikan sebesar Rp 449,4 Milyar, yang terdiri dari Program Indonesia Pintar, Bantuan Operasional Sekolah, Dana Alokasi Khusus, Tunjangan Khusus Guru, Tunjangan Profesional Guru dan lain-lain. 

Pada acara ini juga diadakan Dorprize dengan hadiah utama 2 unit sepeda motor dan puluhan hadiah lainnya bagi para undangan yang beruntung, pencabutan kupon Dorprize dilakukan secara bergantian oleh Wakil Gubernur Riau, Bupati Kampar dan Dirjen Dikdasmen.

Mengakhiri kunjungannya ini, Mendikbud melakukan Penandatangan Tiga Prasasti yaitu Pemakaian Ruang Kelas Baru Program Renovasi Gedung SMP Negeri I Bangkinang Kota, Pemakaian Ruang Kelas Kegiatan Rehabilitasi SD Negeri 006 Kota Baru Tapung Hilir dan Pemakaian Gedung SPNF - SKB Bantuan Dana Alokasi Khusus tahun 2018.

Mendikbud RI dan rombongan meninggalkan tempat acara pada pukul 17.45 wib dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan aman dan kondusif. 

Kegiatan ini diamankan oleh sekitar 100 Personel Gabungan dari Polres Kampar dengan sistem pengamanan terbuka dan tertutup, dengan Koordinator Pengamanan Kabag Ops Polres Kampar Kompol Franky Tambunan ST.
Scroll to top