Pleno Dibeberapa PPK Telah Dimulai

Pleno Dibeberapa PPK Telah Dimulai


Sabtu 20 April 2019 10:15:15 WIB
tribratanewsriau.com - Pleno penetapan suara mulai dilaksanakan ditingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) di Riau. Jumat (19/4).

Dalam pleno tersebut juga ditetapkan untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL).

PPK Kecamatan Payung Sekaki terlihat sejak pagi pleno sudah dimulai, dimana dihadiri juga Panwascam dan perwakilan saksi dari partai politik dan saksi Capres-Cawapres serta DPD.

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir mengatakan pleno di tingkat kecamatan ini akan mereka suara yang sudah dihitung pada TPS sebelumnya. Artinya tidak ada lagi penghitungan ulang kembali di pleno Kecamatan.

"Jadi tinggal direkap saja suara dari setiap TPS, dan itulah hasil suara ditingkat PPK, "ujar Ilham Muhammad Yasir kepada Tribun Jumat (19/4).

Ilham juga menegaskan berapa jumlah suara yang direkap dan diputuskan di tingkat TPS tidak akan bisa berubah lagi ketika pleno di tingkat Kecamatan. Karena tidak mungkin ada penambahan suara lagi.

"Tidak mungkin bisa bertambah dari jumlah yang sudah dihitung sebelumnya di TPS, jadi apa suara di TPS itulah nanti yang akan direkap, "ujarnya.

Ilham juga yakin penjagaan kotak suara dari tingkat TPS ke tingkat PPK tidak akan diganggu apalagi ada yang berupaya curang memasukkan suara tambahan di tengah perjalanan.

"Hasil di TPS masing-masing sudah mengantongi saksi - saksi dan tidak mungkin ada yang memasukkan dalam perjalanan ke Kecamatan," ujar Ilham.

Sebagaimana diketahui lanjut Ilham sejauh ini petugas KPPS di lapangan masih bekerja sesuai aturan dan hukum yang ada, jika ada yang mencoba melakukan pelanggaran tentunya ada konsekuensi hukum yang sudah diketahui masing-masing.

"Jikapun ada yang berani bermain maka ada konsekuensi hukum. Tapi sejauh ini petugas di lapangan bekerja keras," ujar Ketua KPU. repost Tribunpekanbaru.com.
Scroll to top