Kapolres Inhil PPK Dan Panwas Harus Transrparan Tidak Boleh Sabotase Dan Manipulasi Data

Kapolres Inhil PPK Dan Panwas Harus Transrparan Tidak Boleh Sabotase Dan Manipulasi Data


Senin 22 April 2019 08:28:39 WIB
Tribratanewsriau.com Kunjungan Kerja Polres Inhil bersama PJU Polres Inhil sejauh mana keskapan pengamanan Pleno rekapitulasi penghitungan surat suara di Gudang PPK Kecamatan Reteh Sabtu (20/04/2019). Kapolres Inhil memberikan penekanan dalam penyampaiannya di PPK Kecamatan Reteh kepada seluruh unsur yang melaksanakan Pengamanan, antara lain :

Maksimalkan penjagaan terhadap logistik Pemilu, berupa Kotak Suara dan surat suara di Gudang Logistik PPK Kecamatan Reteh, karena ini merupakan Dokumen Negara yang sangat penting dan wajib dijaga, jangan sampai ada yang melakukan sabotase, manipulasi data dan sebagainya terhadap dokumen tersebut.

 Selain itu di katakannya agar Kapolsek mengatur Personil yang melaksanakan Pengamanan di Gudang Logistik PPK Reteh, yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, PPK dan Panwascam, jangan sampai lengah dan terjadi kekosongan digudang logistik tersebut. Kemudian

pada saat dilaksanakan Pleno tingkat PPK, Kapolsek harus hadir dan secara langsung memonitor kegiatan tersebut, pantau informasi sekecil apapun yang diperoleh pada saat pelaksanaan Rapat Pleno, dan segera dilaporkan hasil pleno rekapitulasi surat suara kepada pimpinan pada kesempatan pertama. 

Lebih jauh ia katakan Jangan sampai ada anggota PPK Kecamatan atau anggota panwascam dan lainnya yang melakukan pelanggaran Hukum ataupun hal-hal yang berkaitan dengan logistik pemilu, jika hal itu terjadi, maka Kapolres Inhil akan menindak dengan tegas tanpa pandang bulu kepada pelaku tersebut. Sebagai penekanan tambahan, agar padal di PPK langsung diambil alih oleh Kapolsek dan juga harus ada buku mutasi untuk pertanggung jawaban dalam pelaksanaan tugas di PPK.

Kapolres Inhil, AKBP CHRISTIAN RONY P, SIK,. M.H, ketika di wawancari lebih tegas menjelaskn kita akan cek sejauh mana penyelenggaraan rapat Pleno, termasuk pengamanan, pengamanannya ada dari Polri TNI, menurut saya juga sudah cukup maksimal kemudian saya sampaikan kepada PPK dan Panwas bahwasanya kita harus transrparan tidak boleh sabotase dan manipulasi data atau kecurangan dan apa saja, kalau di temukan oleh Polri maka siapapun itu kita akan proses secara pidana, karna kita selaku abdi negara akan menjaga dokumen Negara, apakah itu surat suara atau kotak suara kita memang betul betul memberikan pengamana di Gudang PPK Kecamatan Reteh. 

Yang jelas saya sudah perintahkan anggota saya, Kapolsek Reteh yang langsung menjadi pengendali keamanan di Gudang logistik PPK, tidak ada satupun yang boleh bebas masuk kalaupun ada harus izin melalui PPK atau Panwas. Untuk itu mari kita antisipasi sebelum terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan sangat perlu pengamanan ekstra. Saya berharap pelaksanaan Pleno Rekapitulasi penghitungan surat suara di PPK Reteh dapat berjaln dengan baik yang di lengkapi para saksi dan transeparan, yang jelas tugas Polri dan TNI mengamankan jalannya pemilu 2019," kata Kapolres Inhil

Scroll to top