Bawang Putih Langka, Harga Di Pasar Tradisional Melambung

Bawang Putih Langka, Harga Di Pasar Tradisional Melambung


Kamis 09 Mei 2019 11:03:37 WIB
tribrataewsriau.com Sejak mulai awal Ramadan, sejumlah harga komoditi di pasaran mengalami kenaikan hampir di seluruh daerah. Tak terkecuali di Riau, khususnya di Pekanbaru dan beberapa Kabupaten lainnya. Beberapa jenis komoditi seperti cabe rawit, bawang merah, wortel, buncis, hingga bawang putih harganya naik.

Sebagaimana diberitakan oleh kantor berita Tribunpekanbau com bahwa pedagang bawang memprediksi untuk dua hari ke depan, harga bawang putih akan kembali turun karena bawang impor telah masuk.

Satgas Pangan Polda Riau ikut memantau kondisi harga sejumlah komoditi yang ada di pasar, termasuk bawang putih. Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Riau, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan saat dikonfirmasi Tribun, Rabu siang mengatakan, naiknya harga bawang putih memang disebabkan faktor tertentu.

"Ada kelangkaan stok bawang putih, jadinya harga naik. Semoga minggu depan bisa turun," katanya.

Gidion memaparkan, dalam waktu dekat Satgas Pangan juga akan turun ke pasarpasar, untuk memantau stok dan harga sejumlah komoditi.

"Rencananya dalam minggu ini kita akan melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke pasarpasar," ujar dia.

Kombes Gidion juga mewanti wanti, agar jangan sampai ada oknum nakal yang bermain, sehingga menyebabkan harga komoditi tertentu mengalami kenaikan dan merugikan konsumen. Karena katanya, pihaknya tidak akan segansegan untuk menindak secara tegas. "Kita lakukan penegakan hukum bila ada penimbunan yang berdampak pada sirkulasi pasar," tegasnya.
Scroll to top