Jelang Hari Raya Idul Fitri, Polda Riau Bersama Forkopimpda Provinsi Laksanakan Rapat Koordinasi
Polda Riau Laksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Muara Takus 2019

Polda Riau Laksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Muara Takus 2019


Selasa 21 Mei 2019 14:50:00 WIB
tribratanewsriau.com - Kapolda Riau yang di wakili Wakapolda Brigjen Polisi Drs. Wahyu Widada M.Phil menghadiri sekaligus membuka acara Rapat koordinasi lintas sektoral operasi ketupat muara Takus 2019 dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1440 H yang dilaksanakan di Aula melati kantor gubernur Riau, Jalan jenderal Sudirman Pekanbaru. Selasa (21/5).

Turut hadir dalam kegiatan rapat tersebut Gubernur Riau, Dandrem 031 wirabima yang di wakili Kasi Kasi Ops, Ketua DPRD Riau, Kabinda Riau, Ketua pengadilan tinggi Riau, GM PT. PLN Riau - Kepri, GM PT. Pertamina, Danlanal, Danlanud, Kajati, Kadis perindag Riau, Kadishub Riau, Dandim 0301, Pejabat utama Polda Riau, Kapolres jajaran.

Arahan Kapolda Riau (diwakili Wakapolda Riau) mengatakan kita tetap melaksanakan pengamanan dari seluruh stakeholder terkait dalam pengamanan lebaran, operasi ketupat muara Takus 2019 adalah program dari Polda Riau. Baik pengamanan arus balik mudik dan pengamanan keagamaan. Mari bersama sama untuk menjaga bahan pangan dan kelancaran pasokan di provinsi Riau. 

Tetap saling berkoordinasi dari pihak lapas dan kemenkumham untuk menjaga dan mengantisipasi akan kejadian waktu lalu. Mari kita jaga bersama sama pelaksanaan pengamanan ini dengan semua stakeholder, Kita pastikan juga akan semua kesiapan anggota dalam pengamanan ini. Dinas kesehatan mohon disiapkan pos-pos di setiap titik pengamanan.

Gubernur Riau menyampaikan bahwa lebaran tahun ini sedikit berbeda karena disaat bersamaan kita juga melaksanakan pesta demokrasi. Harapan kami mari kita memberikan pengayoman, pengamanan kepada masyarakat Riau. 

Beberapa waktu lalu kita meninjau bahwa bahan pangan kita masih cukup tersedia. Termasuk juga harga masih dalam kendali masyarakat kita.

Mohon bantuan dari PLN, khususnya di daerah-daerah agar menjaga mesin-mesinnya sehingga tidak padam. Karena banyak laporan listrik padam di beberapa daerah-daerah di Riau.

Kepada Syahbandar agar memperhatikan keselamatan dikapal, dan mengantisipasi juga akan kenaikan harga tiket kapal menjelang lebaran.

Tanggal 25 Mei 2019 akan dilaksanakan kegiatan hari Waisak nasional. Provinsi Riau mendapat kepercayaan akan dilaksanakannya acara ini. Yang pelaksanaanya dipusatkan di candi muara Takus. Mohon kepada stakeholder  terkait untuk membantu kegiatan ini. Kegiatan dimulai pukul 16.00 wib 

Paparan Karo Ops Polda Riau mengatakan akan menurunkan personel sebanyak 1.500 orang dalam pengamanan lebaran selanjutnya akan dilaksanakan Apel gelar pasukan hari Selasa tanggal 28 Mei pukul 08.00 wib di halaman kantor gubernur.

Operasi ketupat muara Takus 2019 dimulai tanggal 29 mei- 10 Juni 2019 dengan lokasi pengamanan terbagi di beberapa titik, yaitu masjid, terminal dan tempat wisata dan untuk Polresta Pekanbaru terdapat 3 pos pengamanan di hari lebaran.

Tujuan operasi ini dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia untuk menjamin rasa aman kepada masyarakat ada saat lebaran serta terwujudnya sikontibmas yang aman dan kondusif pada saat jelang dan saat lebaran Idul Fitri 1440 H baik pasca idul Fitri ( arus balik dan tempat-tempat wisata).

Arahan Wakil Gubernur Riau menjelaskan agar segera koordinasikan kepada stakeholder terkait untuk mengatasi hal-hal yang sudah masing-masing kita paparkan. Pahami betul bahwa kita ini adalah pelayan masyarakat dan Siapkan fisik yang baik dan menjaga kesehatan kepada setiap personel dalam pelaksanaan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat Riau.
Scroll to top