Pastikan Mudik Aman, Ditpolair Polda Riau Cek Kelayakan Kapal di Pelabuhan Sungai Duku

Pastikan Mudik Aman, Ditpolair Polda Riau Cek Kelayakan Kapal di Pelabuhan Sungai Duku
Kombes Badarudin dan jajarannya saat meninjau Pelabuhan Sungai Duku.
Jumat 31 Mei 2019 21:23:26 WIB
Tribratanewsriau - Direktorat Polair Polda Riau, melakukan pengecekan kapal penumpang yang beroperasi di Pelabuhan Sungai Duku, Kota Pekanbaru pada Jumat 31 Mei 2019 siang. Ini bertujuan untuk memastikan agar kapal-kapal layak dan aman.

Bukan tanpa sebab, di mana banyak masyarakat yang akan mudik lebarab Idul Fitri, menggunakan sarana transportasi kapal. Untuk itu, Ditpolair mengecek kesiapan angkutan, memastikan semuanya layak berlayar.

Pengecekan tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Polair Polda Riau Kombes Pol Badarudin, beserta jajarannya. Selain meninjau kapal yang ada, ia juga mengecek kondisi pelabuhan hingga pos pelayanan yang ditempatkan di sana.

Pengecekan pelabuhan dan kapal-kapal penumpang ini dalam rangka memastikan kesiapan sarana dan prasarana untuk mudik lebaran, melalui jalur transportasi air.
Setibanya di pelabuhan, tampak Dirpolair dan rombongan, langsung meninjau salah satu kapal yang hendak berangkat menuju ke Kepulauan Meranti.

"Kita lakukan pengecekan terhadap pelabuhan pelayaran dan kapal yang menjadi sarana transportasi angkutan air. Salah satunya di Pelabuhan Sungai Duku ini," kata Badarudin.

Disela-sela pantauannya, dia juga turut mengimbau kepada pihak kapal, agar jangan sampai membawa penumpang melebihi kapasitas yang seharusnya.
"Kita juga mengimbau agar seluruh penumpang selama dalam perjalanan menggunakan alat keselamatan berupa life jacket (baju pelampung)," katanya.

Badarudin menuturkan, untuk di wilayah Riau, dia juga sudah menginstruksikan kepada seluruh Satuan Polair masing-masing daerah, agar rutin melakukan pengecekan ke pelabuhan.
Termasuk memberikan imbauan dan sosialisasi, dengan pemasangan spanduk-spanduk di sekitar lokasi, agar pihak kapal dan masyarakat selaku penumpang, senantiasa mematuhi aturan.

"Terutama kepada para pengusaha jasa transportasi juga kita imbau agar mematuhi aturan yang ada. Melakukan pengecekan kelaikan kapal secara berkala, menyiapkan peralatan keselamatan, dan jangan membawa penumpang berlebihan," pungkasnya.

Selain meninjau kondisi kapal angkutan, Kombes Badarudin dan jajaran juga mengecek pos pelayanan yang ada di area pelabuhan.
Scroll to top