Kapolda Riau Buka Musrenbang Polda Riau Tahun 2019

Kapolda Riau Buka Musrenbang Polda Riau Tahun 2019


Kamis 25 Juli 2019 16:08:28 WIB
Tribratanewsriau - Kepala Kepolisian Daerah Riau membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Polda Riau T.A. 2019, Kamis (25/7/2019).

Kegiatan rutin tahunan ini diharapkan dapat menyatukan perencanaan yang bersifat top down dan bottom up yaitu menyampaikan kebijakan pemerintah yang termuat dalam rencana kerja pemerintah (RKP) 2020 dibidang keamanan dengan usulan kebutuhan dari Satker-satker berdasarkan kebijakan yang tertuang dalam renstra dan rancangan renjanya. Sehingga terciptanya keselarasan antara rencana kerja Polda Riau T.A 2020 dengan agenda pembangunan pemerintah baik dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024 maupun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020.

Turut hadir dalam kegiatan Musrenbang ini Kapolda Riau, Wakapolda Riau, Sekda Prov Riau,  Kakanwil DJPB Prov Riau, Pejabat Utama Polda Riau, Para Kapolres/Ta Jajaran Polda Riau dan Para Peserta Musrenbang.

Dalam sambutannya Kapolda Riau menyampaikan bahwa RPJMN 2020-2024 Pemerintah lebih fokus kepada mewujudkan masyarakat yang mandiri, maju, adil dan makmur.

“Empat pilar draf rancangan teknokratik RPJMN 2020-2024 yaitu Keamanan dalam negeri, Pertahanan, kemanan laut dan Kamtibmas dengan memperhatikan pengendalian perencanaan, perkuatan perencanaan dan penganggaran untuk RKP 2020.” Jelas Kapolda Riau.

Adapun yang menjadi Program prioritas nasional antara lain ; Pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar, Pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektivitas  dan kemaritiman, Peningkatan nilai tambah ekonomi melalui Pertanian, industri dan jasa produktif, Pemantapan ketahanan energi, pangan dan sumber daya air dan Stabilitas Kemanan Nasional.

Stabilitas keamanan nasional inilah yang menjadi program prioritas utama Polri, sedangkan untuk prioritas Nasional, Polri melakukan reformasi birokrasi untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel.

Pada program prioritas keamanan dan ketertiban masyarakat, dan keamanan siber, Kapolda Riau menjelaskan bahwa terdapat 5 kegiatan yang menjadi prioritas Polri, yaitu dengan penciptaan kondisi aman yang cepat dan tanggap, penanganan konflik sosial, penanganan penyalahgunaan narkoba, penguatan kelembagaan siber dan pengamanan ruang siber serta penanggulangan terorisme.

“Saya mengharapkan pelaksanaan Musrenbang Polda Riau ini dapat dilaksanakan dengan baik dan diikuti sampai dengan selesai, sehingga dapat menghasilkan suatu pemikiran strategis untuk menyongsong tantangan kedepan yang semakin kompleks sehingga situasi kamtibmas diwilayah hukum Polda Riau dapat terpelihara dengan baik dan kondusif.” Tutur Kapolda Riau sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Musrenbang Polda Riau Tahun 2019 yang akan berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 25 s/d 26 Juli 2019.
Scroll to top