Jadi Percontohan Bhabinkamtibmas, 2 Polsek di Riau di Sambangi Polda Jambi

Jadi Percontohan Bhabinkamtibmas, 2 Polsek di Riau di Sambangi Polda Jambi
Rombongan Polmas Polda Jambi foto bersama usai mengunjungi Bhabinkamtibmas Polsek Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau.
Selasa 03 September 2019 22:45:09 WIB
Tribratanewsriau - Team Polmas Polda Jambi melakukan kunjungan ke 2 Polsek di Pekanbaru. Kedua Polsek tersebut adalah Polsek Bukit Raya dan Polsek Tenayan Raya, Selasa (3/9).   

Kunjungan tersebut dalam rangka ditunjuknya Polda Riau sebagai salah satu Polda Mandiri Polmas oleh Japan Internasional Cooperation Agency (JICA).

JICA, merupakan sebuah badan kerjasama pemerintah Jepang dengan Indonesia dalam reformasi birokrasi. Salah satunya kerja sama di bidang Polmas.   

Dalam kunjungaan Polda Jambi tersebut dipimpin oleh Kasubdit Bhabinkamtibmas Polda Jambi AKBP Harun, didampingi beberapa jajarannya.

Dari 12 rombongan Polda Jambi, dibagi dua untuk ke dua ke Polsek Bukit Raya dan Tenayan Raya. Bhabinkamtibmas Kelurahan Tangkerang Timur, dan Kelurahan Sidomulyo Timur, menjadi sasaran pilot project percontohan rombongan dari Polda Jambi.   

Dalam kunjungan Polda Jambi tersebut ke setiap kelurahan, didampingi oleh Kasubdit Polmas Polda Riau AKBP Muhammad Ikhsan, Kasat Binmas Polresta Pekanbaru Kompol Sumarno dan jajaran Polsek Bukit Raya.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Polda Jambi dihadapkan seperti apa kondisi dan permasalahan di lapangan.

Kasubdit Polmas Polda Riau AKBP Muhammad Ikhsan mengatakan, kegiatan ini sudah dimulai sejak Senin (2/9) lalu.

Dihari pertama rombongan diberikan materi pembelajaran seperti apa sistem yang diterapkan dalam Bhabinkamtibmas.   

Di hari kedua rombongan diajak turun langsung ke lapangan, dan diajak berdiskusi langsung dengan masyarakat tentang indikasi permasalahan yang akan muncul di lingkungan tersebut.  

''Sesuai dengan JICA, yang mana Polda Riau ditunjuk sebagai Polda Mandiri Polmas untuk memberikan pelatihan kepada peserta dari Polda Jambi. Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari,'' kata Ikhsan.

Ikhsan menyebut dalam rangkaian kegiatan tersebut, ada program DDS atau kegiatan sambang kunjungan, ada kegiatan Problem solving atau pemecahan masalah dan kendali tugas.   

Dengan ditunjuk nya Polda Riau sebagai tuan rumah atau Polda percontohan dalam bidang Polmas, Ikhsan menyebut akan berusaha memberikan yang terbaik.   

Sementara Nasional Expert JICA KBPP Dra Rustika mengatakan, dengan adanya kerjasama pemerintah Jepang dengan Indonesia dibidang Polmas ini, adanya saling share dan dapat membangun kualitas yang baik dalam bidang bhabinkamtibmas.

 ''Diharapkan fungsi Binmas mampu benar-benar melayani masyarakat,'' harap Rustika.   

Sebelumnya pilot project Polda Mandiri dalam Polmas ini sudah berlangsung di Bekasi. Dan terus dikembangkan di daerah lainnya. 

Untuk pulau Sumatera sendiri ada tiga Polda yang telah menjadi percontohan Polda Mandiri Polmas, yaitu Polda Aceh, Polda Sumut, dan Polda Riau.
Scroll to top