Karhutla Fokus Utama, Kapolres Pelalawan Riau yang Baru Janji Sikat Penyelundupan dan Narkoba

Karhutla Fokus Utama, Kapolres Pelalawan Riau yang Baru Janji Sikat Penyelundupan dan Narkoba


Jumat 11 Oktober 2019 12:11:39 WIB

Tribratanewsriau.com Kapolres Pelalawan yang baru menjabat, AKBP Muhammad Hasyim Risahondua SIK menargetkan tiga kasus penting yang mendapat perhatian khusus di wilayah hukum Pelalawan.

Sebagaimana diberitakan oleh kantor berita Tribun com , Diantaranya kasus karhutla, praktik penyelundupan, dan peredaran narkotika dan obat-obat terlarang.

Hal itu disampaikan Kapolres Hasyim Risahondua saat menggelar coffee morning bersama insan pers se-Kabupaten Pelalawan di Cafe The First Stop Kota Pangkalan Kerinci, Kamis (10/10/2019).

Kapolres Hasyim menyampaikan, tiga poin itu merupakan target sekaligus instruksi dari Kapolda Riau yang baru menjabat.

Sebagaimana ia sendiri juga belum genap satu bulan memimpin Polres Pelalawan menggantikan Kapolres lama AKBP Kaswandi.

"Paling utama jadi atensi kami selaku Kapolres Pelalawan yang baru yakni karhutla. Penegakan hukum terhadap laporan polisi yang sudah masuk," ungkapnya.

Hasyim merincikan, polres bersama pemda dan seluruh stakeholder akan mencari formulasi untuk mengantisipasi karhutla ke depan. Saat ini sudah memasuki musim hujan setelah kemarau panjang.

Perlu diwaspadai setelah memasuki kemarau nanti agar tidak terjadi kebakaran secara masif. Tentu penegakan hukum juga tetap dijalankan dari sisi lain terhadap para pelaku pembakaran.

"Sampai saat ini kita menangani 5 LP kasus karhutla. Sebelum 100 hari, semuanya akan tuntas dan dilimpahkan ke kejaksaan," ujarnya.

Selain itu, lanjut mantan Kapolres Rokan Hulu ini, dirinya fokus dalam memberantas praktik penyelundupan yang terjadi di Pelalawan.

Pihaknya akan mengintensifkan patroli serta memperketat penjagaan pada jalur-jalur yang diduga sebagai pintu masuk barang-barang selundupan. Khususnya di daerah perairan yang berbatasan langsung dengan laut lepas, tentu menjadi pintu masuk ilegal.

Ia meminta kepada masyarakat Pelalawan untuk secara bersama-sama membantu. Jika diketahui informasi adanya jalur-jalur rawan untuk penyeludupan, agar dilaporkan segera ke pihak kepolisian.

"Daerah perairan kita tersebar di dua kecamatan, Kuala Kampar dan Teluk Meranti. Areal ini akan kita pantau terus," tambah Hasyim.

Taruna Akpol angkatan 1998 ini mengajak seluruh insan pers untuk bekerjasama dalam membangun Pelalawan dan menciptakan Kamtibmas.

Ia juga meminta segera berkoordinasi jika ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oknum anggota polres baik di jalan raya maupun dalam penanganan kasus. Sehingga menciptakan sinergisitas yang saling melengkapi.

Scroll to top