Diduga hasil pembalakan liar,
Ratusan keeping kayu disita Team gabungan

Ratusan keeping kayu disita Team gabungan


Kamis 25 Agustus 2016 08:00:12 WIB
tribratanewsriau. Ratusan keping kayu olahan campuran tanpa tuan berhasil diamankan tim gabungan dari Polres Bengkalis Polda riau, TNI, Manggala Agni di Dusun Sidodadi, Desa Tasik Serai, Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis. Kuat dugaan kayu olahan ini diambil dari Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu.

Kapolres Bengkalis Polda Riau AKBP Hadi Wicaksono ketika dihubungi, Rabu (24/08/2016), membenarkan hal tersebut. Kayu olahan campuran ini ditemukan oleh tim gabungan ketika melakukan patroli, Minggu (21/8/2016) sekitar pukul 16.00 WIB yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Bukit Batu Kompol Sugeng.

"Memang benar tim gabungan berhasul mengamankan kayu olahan campuran sebanyak 731 keping dengan jumlah tan lebih kurang 24,85 tan, saat ini kayu temuan tersebut sudah dititipkan di areal PT SPA Bukot kerikil," ujar Kapolres yang baru melakukan peninjauan barang bukti.

Dikatakan Kapolres bahwa jajarannya bersama TNI dan pihak terkait akan terus melakukan patroli diwilayah tersebut dalam pemebrantasan ilegal loging dan juga pemantauan terhadap titik api.

"Kita akan terus melakukan patroli bersama tim lainnya dibantu juga dari pantauan lewat udara, selain itu kayu ini kuat dugaan diambil dari hutan lindung Giam Siak Kecil Bukit Batu," kata Kapolres.

Ketika ditanya apakah ada tersangka yang diamankan Kapolres mengatkan bahwa tidak ada ditemukan pemilik kayu tersebut, karena saat ditemukan masih di dalam kanal, kuat dugaan pemilik atau pekerja sudah mengetahui kedatangan tim gabungan ini. "Jadi pemilik kayu ini tidak kita temukan, berkemungkinan mereka sudah mengetahui kedatangan tim dan kabur dari lokasi," jelas Kapolres.

Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tedjo, SIK, MM saat ditanya via telepon membenarkan kejadian ini. (eda) 
Scroll to top