Tips Menjadi Pemilih Cerdas Di Pilkada Serentak 9 Desember 2015

Tips Menjadi Pemilih Cerdas Di Pilkada Serentak 9 Desember 2015


Rabu 11 November 2015 13:09:47 WIB
Tribrata News Riau - Tanggal 9 DEsember 2015 mendatang, masyarakat Indonesia akan menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) secara serentak. Pemilukada tersebut adalah merupakan wujud demokrasi yang selama Orde Baru dibungkam. Namun mungkin banyak yang bingung menghadapi Pemilukada tersebut. 

Berikut beberapa tips menjadi pemilih yang baik atau cerdas di Pemilukada 9 Desember 2015 yang barangkali ada gunanya: 
1. Gunakanlah hak pilih anda. Satu suara dari anda akan berguna bagi calon yang baik. Banyak kasus di beberapa daerah di mana selisih suaranya hanya sedikit sekali. Apalagi dalam Pemilukada 2015 ini pemenangnya ditentukan langsung oleh calon yang mendapatkan suara terbanyak (berbeda dengan aturan sebelumnya dimana pemenang adalah yang mendapatkan suara 50 persen plus satu, jika belum maka akan ada putaran kedua). Jika anda apatis maka justru orang yang tidak baik yang akan menjadi kepala daerah dan merugikan anda bahkan masyarakat pada umumnya. 

2. Cermatilah visi, misi, dan program kerja yang ditawarkan oleh para calon kepala daerah. Calon yang baik biasanya tahu persis permasalahan daerah yang akan dipimpinnya sehingga menawarkan program yang realistis, misalnya: pendidikan dasar gratis, fasilitas kesehatan misalnya puskesmas yang lebih baik (naik kelasnya), membebaskan daerah dari banjir, dan lain-lain. Untuk itu gunakanlah kesempatan dalam kampanye terbuka untuk bertanya secara mendetail visi, misi, dan program kerja para calon. 

3. Ciri lain calon yang baik biasanya dalam kampanye lebih banyak mendengarkan keluhan dari rakyat dan bukannya bicara sendiri. 

4. Selidikilah pula moral dan etika para calon. Apakah dia misalnya pernah tersangkut masalah hukum seperti korupsi. Apakah dia punya selingkuhan, dan lain-lain. 

5. Cermatilah hal-hal teknis dalam Pemilukada. Contohnya; cara mencoblos yang benar. Demikianlah beberapa tips untuk menjadi pemilih yang cerdas dalam Pemilukada 2015. (sumber : kompasiana.com)

Scroll to top