Usai upacara pengukuhan Polda Riau
Tari Rentak Bulian, Tarian Khas Suku Talang Mamak di Indragiri Hulu

Tari Rentak Bulian, Tarian Khas Suku Talang Mamak di Indragiri Hulu


Sabtu 12 November 2016 11:48:32 WIB
tribratanewsriau.com - Usai upacara pengukuhan Polda Riau menjadi type A tadi pagi (12/11/2016), disambut dengan acara tambahan berupa penampilan Pocil dan juga tarian Rentak Bulian yang berasal dari kebudayaan Talang Mamak yang berasal dari Kabupaten Inhu. 

Dijumpai sesaat setelah usai penampilan sembilan Polwan Polres Indragiri Hulu di SPN Pekanbaru, koreografer tarian ini, Deri Ramonda yang merupakan staff di dinas Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hulu mengatakan bahwa Bulian adalah salah satu tradisi suku Talang mamak yang berada di kabupaten Inhu. Tradisi Bulian adalah tradisi untuk perlindungan ataupun penyembuhan. 

Dan dari tradisi inilah tarian "Rentak Bulian" diangkat kembali agar para generasi muda saat ini tau tradisi masa lalu nenek moyangnya. "Saya memaksimalkan penari dari Polwan di Polres Indragiri Hulu" ujar Deri dalam keterangannya pada tribratanewsriau.com. Tarian ini merupakan laku tradisi harian suku Talang Mamak. Dengan dipimpin seorang Humantan yang menjadi pemimpin dalam tradisi suku ini upacara adat dilangsungkan. Bulian adalah ritual suci penyembuhan, memulai masa tanam dan laku kegiatan harian lainnya dalam suku ini. 

Penampilan tari Rantak Bulian ini ikut menyemarakkan Upacara Pengukuhan Polda Riau menjadi type A yang telah dilaksanakan tadi pagi  (AA)
Scroll to top