Polisi Bersama Pemkab Bengkalis Dan Instansi Terkait Berjibaku Padamkan Api

Polisi Bersama Pemkab Bengkalis Dan Instansi Terkait Berjibaku Padamkan Api


Kamis 27 Juli 2017 09:00:36 WIB
Tribratanewsriau - Seiring kurangnya curah hujan kemungkinan terjadinya Karlahut (Kebakaran Lahan dan Hutan) semakin rawan,
personil kepolisian Polres Bengkalis bersama Pemkab Bengkalis, Riau, serta jajaran terkait semakin meningkatkan kewaspadaan.

Kejadian hari ini Rabu 26 Juli 2017 di Jl. Saif Rt 02 Rw 06 desa Buluh Manis Kec. Bathin solapan, terjadi kebakaran lahan yang berisi tanaman sawit, yang sekitarnya merupakan semak belukar.

Diperkirakan lahan seluas lebih kurang 15 Ha dilahap si jago merah. Keadaan lahan yang terbakar terdiri dari Lahan ditumbuhi oleh tanaman sawit dan semak belukar, tanah kering, dan berada di tanah gambut.

Namun diuntungkan sekitar lahan masih terdapat sumber air berupa kanal. Lahan yang terbakar diketahui merupakan milik sdr Awal.
Sebanyak 25 person Polri,10 dari TNI, 1 MPA, Masyarakat 4 orang, team Manggala Agni 7 orang, dan sejumlah wartawan.

Selain pemadaman dari Damkar, juga dilakukan dengan mesin robin, 1 mesin apung, 2 mesin merk mark3 dan 1 unit bantuan Helikopter milik BNPD.

Team Gakkum juga turun lapangan dan meminta sejumlah keterangan dari saksi serta mengambil dokumentasi. Diperkirakan kejadian di Titik koordinat N 1°10'59.7"N - E 101°01'23.4"E.

Kapolsek Mandau Kompol Riki Ricardo SIK menyampaikan, "team masih bekerja keras memadamkan api, dan keadaan telah berangsur normal, namun masih mengeluarkan asap." Tuturnya.

"Daerah ini termasuk lahan gambut sehingga mengakibatkan masih mengeluarkan asap, walaupun api telah padam, sumber api masih dalam penyelidikan," papar Riki Ricardo, disela memimpin langsung upaya pemadaman.

Kapolsek Riki Ricardo juga menghimbau, agar lebih meningkatkan kewaspadaan, baik rumah maupun lahan di sawit yang rawan terbakar, terlebih saat curah hujan jarang turun,
"Masyarakat maupun MPA agar lebih proaktif patroli, untuk mengantisipasi terjadinya maupun meluasnya kebakaran," himbau Kapolsek.
Scroll to top