Kapolda Riau Hadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 Tahun 2017

Kapolda Riau Hadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 Tahun 2017


Senin 13 November 2017 13:02:01 WIB
Tbnews Polda Riau - Kapolda Riau hadiri upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 Tahun 2017 yang bertemakan "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku" bertempat di halaman kantor Gubernur Riau Jl. Jenderal Sudirman No. 460 Pekanbaru. Senin (13/11) sekitar pukul 07.30 wib.

Danrem 031 WB Danlanud Roesmin Nurjadin, Kabinda, Kapolresta Pekanbaru dan Kepala Dinas hadir dalam upacara tersebut.

Sebanyak 450 orang para peserta yang hadir dari Mahasiswa Kesehatan dan PNS serta ASN dalam mengikuti upacara.

Wakil Gubernur Riau selaku Inspektur upacara membacakan amanat dari Menteri Kesehatan RI. Peringatan Hari Kesehatan Nasional ini kita lakukan kita laksanakan dengan mengangkat tema sehat keluargaku sehat Indonesiaku tema tersebut sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti dari pembangunan kesehatan sesuai undang-undang nomor 36 tahun 2009. Program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga menekankan kepada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. 

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaraan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga.

Terdapat 12 indikator pelayanan dasar yang harus dilakukan di kabupaten kota yang mencapainya harus 100% sebagian besar indikator tersebut beririsan dengan 12 indikator keluarga sehat terdapat  8 indikator keluarga sehat terkait dengan indikator SPM dan hanya 4 indikator kesehatan saja yang tidak terkait dengan SPM yaitu merokok, jamban sehat, akses air  bersih dan anggota DKM, Sehingga jika pendekatan keluarga ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya maka dipastikan akan meningkatkan pencapaian SPM di kabupaten kota di seluruh Indonesia ini. Hal ini dapat digunakan sebagai media untuk mendukung pendekatan keluarga ini selain penyelenggaraan keluarga Indonesia sehat yang dengan pendekatan keluarga pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui gerakan masyarakat hidup sehat yang disingkat germas hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait oleh karena itu Kementerian Kesehatan mendorong terlaksananya gerakan masyarakat hidup sehat atau GERMAS. 

Setelah pelaksanaan upacara Wakil Gubernur Riau di dampingi Forkopimda memberikan Piagam Penghargaan kepada para Medis yang berprestasi Dokter, Perawat dan Bidan serta memberikan bantuan uang kepada Puskesmas yang terbaik di Prov Riau.
Scroll to top