Kerjasama Dengan Bawaslu, Polda Riau Akan Gelar Operasi Politik Uang

Kerjasama Dengan Bawaslu, Polda Riau Akan Gelar Operasi Politik Uang


Sabtu 28 April 2018 13:49:03 WIB
 tribratanewsriau.com Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau akan menggelar operasi bersama Polda Riau. Tujuannya mencegah terjadinya money politic atau politik uang pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau 2018.

Sebagaimana diberitakan oleh kantor berita JawaPos com  bahwa Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan mengatakan, pihaknya sudah merencanakan itu sebelumnya dan akan segera direalisasikan. "Operasi itu sudah kami rencanakan. Nanti kami akan melakukan MoU dengan Polda Riau terkait operasi tersebut," ungkap Rusidi, Sabtu (28/4).

Jika nanti penandatanganan nota kesepahaman telah dilakukan, Bawaslu berharap setiap polsek dan panwascam maupun polres dengan panwas kabupaten dapat bersinergi.

"Target kami di semua Polsek ada razia politik uang. Ini upaya Bawaslu menekan dan antisipasi politik uang jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau," ujarnya.

Terlebih lagi penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 bertepatan dengan bulan Ramadhan. Hal ini tentunya rentan digunakan bagi sebagian oknum untuk memanfaatkan kegiatan keagamaan.

"Sering kali politik uang ini dibingkai dengan kegiatan keagamaan. Seperti buka puasa bersama, zakat, sedekah dan bantuan. Yang jelas bantuan rumah ibadah, bantuan majelis masuk indikasi politik uang," sebutnya.

Meski demikian, Rusidi menuturkan kalau sejauh ini pihaknya belum menemukan indikasi politik uang seperti yang dikhawatirkan. "Sampai hari ini kami belum satu pun menemukan kasus yang sifatnya terbukti adanya politik uang. Kami apresiasi pasangan calon dan tim yang masih komitmen dan patuh terhadap tahapan kampanye," ucap Rusidi.

Scroll to top