Satlantas Gunakan Alat Deteksi lkohol Di Jalan Tambusai Dalam Pelaksanaan Operasi Patuh

 Satlantas Gunakan Alat Deteksi lkohol Di Jalan Tambusai Dalam Pelaksanaan Operasi Patuh


Kamis 03 Mei 2018 14:13:53 WIB
TBNEWSRIAU-Seminggu pelaksanaan Operasi Patuh Muara Takus 2018 di Kota Pekanbaru Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru telah menemukan sebanyak 690 pelanggaran. Data pelanggaran tersebut merupakan hasil pelaksanaan Operasi mulai tanggal 26 April hingga tanggal 2 Mei 2018. Dari 690 pelanggaran yang terjaring, sepeda motor mendominasi sebanyak 451 pelanggaran lalu lintas, sedangkan mobil sebanyak 239 pelanggaran. Untuk usia pelanggar yang mendominasi pelanggaran berkisar antara 21-25 tahun sebanyak 146 pelanggar.

Selama berjalannya kegiatan Operasi, Satlantas Polresta Pekanbaru tidak hanya melakukan kegiatan penindakan atau represif, namun juga dengan meningkatkan kegiatan pencegahan dengan kegiatan preemtif atau preventif dengan melakukan edukasi, sosialisasi, imbauan, dan juga meningkatkan kegiatan patroli di lokasi rawan macet dan kecelakaan seperti kampanye keselamatan berlalu lintas, membagikan brosur, hingga edukasi ditempat kepada pelanggar lalu 
lintas yang dibawah umur serta pemasangan spanduk imbauan.

Sementara itu pada pada pelaksanaan Operasi Patuh Kamis (3/4/2018) di jalan Tambusai Satlantas Polresta Pekanbaru turun kejalan dengan menggunakan alat pendeteksi alkohol (alcohol detector). Beberapa pengendara yang melintas di ruas jalan Tambusai dilakukan tes kadar alkohol dengan alat pendeteksi alkohol. 

Para pengemudi diminta untuk berhenti dan dilakukan tes di tempat. Alat tersebut digunakan dengan cara ditiup oleh pengendara. Apabila pengendara ada mengonsumsi alkohol maka alat tersebut akan mendeteksinya. Dalam penerapannya Satlantas melakukan pengujian kepada beberapa pengendara seperti pengemudi truck, angkutan umum, mobil pribadi dan juga pengendara sepeda motor. Selama pelaksanaan Operasi Patuh saat itu di jalan tambusai petugas tidak ada menemukan pengendara yang terindikasi mengonsumsi alkohol.  

Terkait selama satu minggu pelaksanaan Operasi Patuh Muara Takus 2018 di Kota Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru Kombespol Susanto, melalui Kasat Lantas Kompol Rinaldo Aser, mengatakan pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya untuk mengkampanyekan tertib berlalu lintas.

"jadi tidak hanya penindakan tilang saja, namun juga meningkatkan kegiatan kegiatan bersifat preemtif dan juga preventif yang langsung bersentuhan dengan masyarakat", pungkas Rinaldo.
Scroll to top