Modus Undian Berhadiah, Warga Riau Jadi Korban Penipuan

Modus Undian Berhadiah, Warga Riau Jadi Korban Penipuan


Rabu 30 Mei 2018 10:53:41 WIB
Tbnewsriau - Seorang pelaku penipuan A (21) berhasil dibekuk oleh personil Dit Reskrimsus Polda Riau dirumahnya, Sulawesi Selatan. Sejauh ini satu orang warga Pekanbaru, Riau, jadi korban penipuan berkedok SMS undian berhadiah tersebut

"Modus pelaku broadcast SMS undian berhadiah ini ke semua nomor pelanggan," ungkap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Pol Gidion Arif Setiawan , Selasa (29/5/2018).

Ditambahkan Dir Reskrimsus ,"Ilmu yang ia didapatkan dari kejahatannya ini sendiri (otodidak) dari dunia maya," jelasnya. "Modem ini tugasnya broadcast sms undian berhadiah ke semua pelanggan. Sekali menyebarkan bisa mencapai 1900 SMS," tambah Gidion.

Pelaku dalam menjalanka aksinya juga mencantumkan beberapa nama-nama pejabat publik dan terkenal untuk meyakinkan korbannya yang masuk di dalam perangkapnya.
"Tapi, setelah ditelusuri nama pejabat ini tidak valid, izin dari pihak terkait juga dipalsukannya untuk meyakinkan tertarik dengan websitenya," beber Gidion.

Sejauh ini, penipuan berkedok undian berhadiah ini telah memakan satu korban di Pekanbaru. Saat ini Polda Riau tengah mengembangkan kasus ini untuk mencari korban lainnya.

Scroll to top