Brigjen Pol Fadil Imran Sampaikan Kuliah Umum di Universitas Islam Riau

Brigjen Pol Fadil Imran Sampaikan Kuliah Umum di Universitas Islam Riau


Senin 11 Februari 2019 16:05:04 WIB
Tribratanewsriau - Wakil Kepala Satgas Nusantara Polri, Brigjen Pol Fadil Imran menyampaikan kuliah umum di Gedung PKM kampus Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Senin (11/2/2019).

Kuliah umum ini bertema "Peran Mahasiswa Menuju Pemilu 2019 yang Aman & Damai Serta Anti Hoax", penyelenggaran kegiatan ini adalah BEM Universitas Islam Riau yang bekerjasama dengan Polda Riau.

Brigjen Pol Fadil Imran menggantikan Kasatgas Nusantara Irjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono yang berhalangan hadir. 

Di hadapan sekitar 800 an mahasiswa, Brigjen Pol Fadil Imran memaparkan tentang bagaimana Posisi dan Peran Mahasiswa dalam Pemilu tahun 2019.

Menurut Brigjen Pol Fadil Imran, ada tiga peran mahasiswa dalam Pemilu 2019 ini.

Yang pertama, Mahasiswa sebagai Agen Of Change berperan sebagai penangkal dampak negatif dalam masyarakat terkait Pemilu tahun 2019.

Kedua, Mahasiswa sebagai Agen of Sociality berperan sebagai masyarakat ikut dalam pemilu 2019 dengan hak dan keawajiban yg sama dg masyarakat lainnya.

Dan Ketiga, Mahasiswa sebagai Agen of Strong berperan sebagai intelektual yang memberikan pemahaman edukasi ke masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

Selain itu Brigjen Pol Fadil Imran juga mengharapkan peran aktif mahasiswa dalam menangkal Hoax dan Hatespeech.

“Mahasiswa dapat aktif melakukan kampanye literasi, mengajarkan sesuatu yang positif kepada masayarakat”, tutur Wakasatgas Nusantara.

“Mahasiswa juga dapat melakukan pencegahan penyebaran berita Hoax dan Hate Speech dengan memberikan informasi dan data yang benar, dan tidak ikut terlibat dalam penyebarannya, serta menjadi bagian dalam cooling sistem Pemilu 2019 untuk membangun serta memajukan bangsa Indonesia.” Papar Brigjen Pol Fadil Imran.

Usai pemberian kuliah umum oleh Wakasatgas Nusantara, kegiatan dilanjutkan dengan  Deklarasi Pemilu Aman, Damai dan Anti Hoax oleh Presiden Mahasiswa BEM UIR Sdr. Hengki Primana yg diikuti oleh seluruh Mahasiswa yg hadir.
Scroll to top