Polres Inhu Tetapkan Satu Tersangka Karhutla

Polres Inhu Tetapkan Satu Tersangka Karhutla


Kamis 19 September 2019 09:30:44 WIB
tribratanewsriau.com. Kepolisian Resor Indragiri Hulu kembali menetapkan satu orang tersangka tindak pidana perkara kebakaran lahan yang terjadi di Kelurahan Sekip Hilir Kecamatan Rengat Kabupaten Inhu, Riau. Tersangka berinisial IS (32) merupakan Warga Jalan Lintas Rengat- Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat, Inhu, Riau.

Sebagaimana diberitakan oleh kantor berita cakaplah com mengutip keterangan dari Paur Humas Polres Inhu Aipda Misran, mengatakan dalam kasus Karhutla ini penyidik telah memeriksa 4 orang saksi yakni 2 orang saksi dari Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu Kabupaten Inhu dan 2 orang saksi dari masyarakat sipil.

Sedangkan barang bukti yang disita berupa 1 korek api berikut 2 Keping kayu arang bekas terbakar.

Kejadian kebakaran lahan bermula saat ditemukan pelaku pada saat tim gabungan karhutla yang terdiri dari Babinsa koramil 01/Rengat Serka Sumarto, Bhabinkamtibmas dan aparat KPBD Kabupaten Inhu, Manggala Agni Daops Rengat melakukan partoli Karhutla.

Di saat bersama Tim Satgas Karhutla menemukan pelaku IS saat berada di lokasi kebakaran di Kelurahan Sekip Hilir Kecamatan Rengat Kabupaten Inhu, dengan luas kurang lebih 2 Ha yang sudah terbakar.

"Pelaku IS terancam dikenakan pasal 108 Jo pasal 69 ayat (1) UU RI No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan berikut Pasal 187 KUHP, dengan ancaman 10 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar," ujarnya, Rabu (18/9/2019).

Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting S.IK melalui Ps Paur Humas Polres Inhu Aipda Misran mengimbau kepada seluruh masyarakat maupun perusahaan yang memiliki lahan supaya menjaga lingkungan dan tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Karena itu, dapat membahayakan diri sendiri dan lingkungan dapat tercemar oleh kabut asap yang kita sama-sama rasakan saat ini. Mari kita bekerja sama berperan aktif dari pemerintah dan masyarakat untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah kita khususnya Kabupaten Inhu," ucapnya.
Scroll to top