Polres Bengkalis Siapkan Para Babinkamtibmas Untuk Mandiri dan Sebagai Pembina Kepada Masyarakat

Polres Bengkalis Siapkan Para Babinkamtibmas Untuk Mandiri dan Sebagai Pembina Kepada Masyarakat

Minggu 31 Januari 2021 23:25:43 WIB

tribratanewsriau.com - Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan,S.I.K, M.T meminta seluruh jajarannya terutama bagi para Babinkamtibmas yang bertugas di seluruh pelosok desa mampu menjalankan fungsinya secara mandiri baik fungsi operasi (Ops) maupun pembinaan kepada masyarakat.

Untuk menjalankan fungsi tersebut jajarannya akan di bekali dengan ilmu dari nara sumber yang berkompeten di bidangnya.

"Kita minta setiap personil yang mengikuti kegiatan tersebut hendaknya bisa menyerap ilmu ilmu yang diberikan nara sumber yang salah satunya dari majelis ulama Indonesia (MUI) Bengkalis,"kata Kapolres, Jum'at,29 Januari 2021 usai membuka secara resmi Pelatihan Fungsi Secara Mandiri Baik Fungsi OPS Maupun Pembinaan di Aula Mapolres Bengkalis.

Dikatakan Kapolres sebanyak 34 personel Babinkamtibmas dari utusan tujuh Kepolisian Sektor (Polsek) Polres Bengkalis mengikuti kegiatan ini. 

Kapolres AKBP Hendra Gunawan menyebutkan melalui personel meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keahlian dan bisa diterapkan di tengah-tengah masyarakat ketika diperlukan, diantaranya adalah adanya pembekalan syariat agama seperti sholat jenazah. 

Sambung Kapolres, keberadaan Babin ini nantinya juga diharapkan memberikan pencerahan-pencerahan kepada masyarakat, apabila ada kegiatan atau ajaran yang tidak sesuai dengan syariat agama yang sesungguhnya atau jangan sampai di masyarakat terjadi kesalahpahaman pandangan ideologi di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Jadi apa yang diperoleh setelah pembekalan ini,  Babhinkamtibmas memiliki pengetahuan dan keahlian yang bisa memberikan manfaat saat mengabdi di tengah-tengah masyarakat," harap Kapolres.

Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat (Kasat Binmas) AKP Ismanto menambahkan kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, 29-31 Januari 2021 di pusatkan di Aula Serbaguna Polres Jalan Pertanian.

Sementara itu menghadirkan narasumber dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan sejumlah ustadz yang berdakwah di Bengkalis.

Ketua MUI Bengkalis Amrizal yang termasuk salah satu nara sumber ketika dijumpai RRI menyebutkan intinya dalam kegiatan ini Ia dan narasumber lainnya menyampaikan tentang penguatan, pengetahuan dan wawasan keagamaan, dan yang kedua dikatakan Amrizal untuk membina mental spiritualtual sekaligus memberikan pengalaman nyata anggota babinkamtibmas terkait dengan amaliah amaliah zikir termasuk sholat berjamaah.

"Kita akan lakukan pembinaan mental dan memberikam pengetahuan tentang agama, dan yang ketiga adalah membekali mereka dengan ibadah yang rutin seperti sholat fardhu dan sholat-sholat sunnat lainnya termasuk salah satunya sholat jenazah,"kata Amrizal Ketua MUI Bengkalis.

Ketua MUI berharap Babinkamtibmas memiliki pemahaman dan pengetahuan yang luas dan mendalam tentang agama sehingga nantinya dia bisa berbagi dengan masyarakat.

Scroll to top