Selain Beri Teguran dan Tilang, Operasi Patuh Lancang Kuning Unit Lantas Polsek Tualang Edukasi Pengendara

Selain Beri Teguran dan Tilang, Operasi Patuh Lancang Kuning Unit Lantas Polsek Tualang Edukasi Pengendara

Sabtu 15 Juli 2023 19:50:25 WIB

Hari kelima pelaksanaan Operasi Patuh Lancang Kuning 2023, Satlantas Polres Siak melalui Unit Lantas Polsek Tualang memberikan teguran tertulis serta edukasi kepada pengendara di Kota Perawang, Sabtu (15/7).

Selain itu, personil Unit Lantas Polsek Tualang juga memberikan tindakan tegas berupa tilang kepada pengendara yang melakukan pelanggaran kasat mata dan berpotensi terjadinya lakalantas di jalan raya.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kapolsek Tualang, Kompol Arry Prasetyo melalui Kanit Lantas, Iptu A Ramadhan kepada haluanriau.co, Sabtu (15/5) siang.

 

“Hari kelima pelaksanaan Operasi Patuh di Wilayah hukum Polsek Tualang, setidaknya puluhan pengendara kita berikan teguran dan tilang,” ujar Rama, sapaan Kanit Lantas Polsek Tualang itu.

Menurut Rama, untuk pelanggaran yang terjadi di wilayah hukum Polsek Tualang, didominasi oleh pengendara sepeda motor.

 

“Paling banyak pengendara yang tidak menggunakan helm, baik itu pengemudi maupun penumpang yang dibonceng,” sambungnya.

Sebagai informasi dan untuk diketahui bersama, Operasi Patuh 2023, di gelar secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 10 dan akan berakhir pada tanggal 23 Juli 2023 mendatang.

Operasi Patuh untuk tahun ini, menargetkan delapan sasaran pelanggaran lalulintas, diantaranya sebagai berikut :

  • Tidak menggubakan helm SNI;
  • Tidak menggunakan sabuk pengaman;
  • Melawan arus;
  • Menggunakan knalpot brong;
  • Berboncengan lebih dari satu orang;
  • Berkendara dalam pengaruh alkohol;
  • Berkendara dibawah umur;
  • Berkendara sambil menggunakan Hand Phone (HP).

Iptu Rama juga menyampaikan, bahwa operasi patuh ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan ketertiban masyarakat saat berkendara di jalan raya.

"Sehingga apabila pengendara sudah patuh, keamanan keselamatan, ketertiban, serta kelancaran arus lalulintas dijalan raya dapat terwujud dan angka kecelakaan dapat ditekan serendah mungkin, hingga zero exsiden," kata dia menambahkan.

Selaku Kasatgas Preventif Ops Patuh Lancang Kuning 2023, Iptu Rama mengimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Tualang, agar selalu mentaati, peraturan lalulintas, demi keselamatan bersama di jalan raya. Tak lupa pula Rama mengingatkan pengendara agar mengcek terlebih dahulu kondisi kendaraan sebelum bepergian dan melengkapi surat menyurat kendaraan.

Scroll to top