Terkait pelayanan publik di Institusi Polri,
Brigjenpol Zulkarnain Terima Kunjungan Team Ombudsman Di Ruang Kerjanya

Brigjenpol Zulkarnain Terima Kunjungan Team Ombudsman Di Ruang Kerjanya


Senin 17 Oktober 2016 11:38:41 WIB
Tribratanewsriau. Kapolda Riau Brigjenpol Zulkarnain menerima kunjungan Tim Ombudsman Provinsi Riau diruang kerjanya hari ini sekira pukul 10.00 wib (17/10/2016).

Kunjungan Ombusman Provinsi Riau ke Mako Polda Riau dimaksudkan untuk koordinasi pelayanan masyarakat yang berada di institusi Kepolisian di Provinsi Riau.

Turut hadir dalam acara pertemuan ini adalah Kapolda Riau, Irwasda Polda Riau, Dir Intelkam Polda Riau, Kabid kum Polda Riau, kabid propam Polda Riau. Sementara itu perwakilan Ombusman Provinsi Riau diantaranya Ahmad Fitri,  Bambang Pratama dan Zsa Zsa Bangun Pratama.

Dalam dialog yang cukup akrab ini Kapolda Riau mengatakan "kami butuh kerjasama dan masukan dibidang pelayanan yg dikeluhkan masyarakat terhadap kinerja Polri agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat" kata Kapolda Riau pada tim Ombudsman.

"Terkait pemilukada, pihak Polda Riau beserta jajaran akan tetap dalam garis komando Mabes Polri bahwa Kami akan bersikap netral supaya Pilkada Riau berjalan lancar dan aman " papar Brigjenpol Zulkarnain.

Perwakilan Ombudsman provinsi Riau,  Ahmad Fitri mengatakan sebagaimana fungsi Ombudsman adalah menerima pengaduan masyarakat terkait dugaan penyimpangan administrasi layanan publik dari seluruh aparat pemerintahan termasuk Kepolisian.

Pelayanan publik yg diawasi oleh Ombudsman antara lain penundaan dalam pelayanan publik oleh aparatur pemerintahan. Contoh pelayanan di bidang pendidikan juga pelayanan lalu lintas oleh Kepolisian.

Ombudsman akan proaktif melakukan pencegahan penyimpangan administrasi dengan beberapa kegiatan  misalnya investigasi dan penelitian tentang kepatuhan aparatur pemerintahan terkait. Sejauh mana kepatuhan pelayanan di pemerintahan termasuk di institusi Kepolisian.

Khusus di Kepolisian penilain yang dilakukan Ombudsman adalah kepatuhan yang dipantau Ombudsman terhadap Satpas SIM Polresta Pekanbaru. Pelayanan yang dilakukan oleh satpas SIM Polresta Pekanbaru sudah memenuhi standar pelayanan publik.

Tim Ombudsman, Ahmad fitri mengatakan hubungan Ombudsman dengan Polda Riau sudah cukup bagus. Artinya setiap pengaduan lisan atau secara tertulis sudah direspon dengan baik dan layak oleh Polda Riau.

"Kami berharap Koordinasi yg dilakukan selama ini tetap berjalan dengan baik  untuk kedepannya" ujar Ahmad Fitri. (AEP / AA)

Scroll to top