Polres Inhu dan Instansi Terkait Bentuk Posko Terpadu Penanggulangan Karhutla

Polres Inhu dan Instansi Terkait Bentuk Posko Terpadu Penanggulangan Karhutla

Kamis 25 Juli 2024 18:13:02 WIB

311 hektare lahan di Indragiri Hulu (Inhu), Riau terbakar. Polisi dan tim BPBD yang turun pun langsung melakukan pemadaman dan proses pendinginan.
Kapolres Indragiri Hulu AKBP Fahrian Soleh Siregar mengatakan lahan terbakar terjadi di Desa Guntung Hilir, Kampung Pulau dan Kuantan Babu. Lahan terbakar sejak Sabtu (20/7) kemarin.

"Lahan terbakar sejak Sabtu kemarin. Tim terus melakukan pemadaman lewat darat dan udara," kata Fahrian Siregar, Selasa (23/7/2024).

Setelah proses pemadaman maksimal hari ini, api di sejumlah titik telah padam. Tim selanjutnya melakukan pendinginan untuk memaksimalkan agar api tak menjalat lagi.

"Hari ini sudah padam dan pendinginan di lokasi terbakar. Ada tiga desa terbakar di Indragiri Hulu setelah dipetakan oleh Waka Polresta, Kabagops dan tim lapangan," kata Fahrian.

Fahrian mencatat lahan terbakar berada di lahan milik masyarakat. Untuk penyebab kebakaran, kini masih dalam pemeriksaan oleh jajaran Satreskrim.

"Penyebab masih didalami oleh Satreskrim karena tadi Waka Polres langsung turun ke lokasi bersama tim. Termasuk ada teman-teman dari BPBD, TNI, perusahaan di sekitar lokasi," kata mantan Kasubbid Paminal itu.

Selain pemadaman, bersama Pemerintah Daerah Indragiri Hulu juga menggelar rapat. Hasilnya, mulai besok akan didirikan Posko Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kantor BPBD untuk memantau daerah rawan terbakar.

"Hasil rapat dengan pemda tadi disepakati pendirian Posko Pengendalian Karhutla di Indragiri Hulu. Posko di Kantor BPND," kata Fahrian.

 

Scroll to top